menu
user
URnews

Militer Myanmar Bongkar Makam Angel, Gadis yang Tewas Ditembak

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Militer Myanmar Bongkar Makam Angel, Gadis yang Tewas Ditembak
Image: Pasukan keamanan dengan membawa senjata berdiri di jalan selama protes anti-kudeta di Yangon, Myanmar, (4/3/2021). (ANTARA/REUTERS)

Yangon - Pihak berwenang Myanmar membongkar makam Kyal Sin, perempuan 19 tahun yang tewas dalam aksi demo antikudeta, Rabu (3/3/2021).

Perempuan yang juga dikenal dengan nama Angel itu meninggal setelah peluru aparat menembus kepalanya. Gadis pemberani itu kemudian dijadikan ikon gerakan protes oleh masyarakat.

Berdasarkan laporan MRTV (stasiun televisi pemerintah Myanmar), polisi, hakim, dan dokter telah mengambil jenazah Angel untuk melakukan autopsi pada Jumat (5/3/2021).

Dari hasil penyelidikan bedah, mereka menemukan luka tembak di belakang kepala dan sepotong timah berukuran 1,2 cm kali 0,7 cm di otak jenazah.

Namun mereka mengklaim peluru tersebut berbeda dengan yang digunakan polisi.

“Dapat diasumsikan bahwa mereka yang tidak menginginkan stabilitas melakukan pembunuhan,” kata MRTV seperti dilansir Reuters, Minggu (7/3/2021).

Penggalian makam Kyal Sin sendiri memicu kemarahan para penentang kudeta. Mereka menuduh junta militer mencoba menyembunyikan fakta bahwa Angel dibunuh oleh pasukannya.

Masyarakat pun menilai tindakan itu sebagai bentuk penghinaan lanjut terhadap Angel dan keluarganya.

Menanggapi tudingan itu, pemerintah mengklaim bahwa pihak berwenang sudah meminta izin keluarga untuk membongkar makam.

Meski demikian tidak diketahui apakah izin tersebut diberikan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait