beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mimpi Jatuh, Benarkah Ada Gangguan Kesehatan?

Annisa Tiara Jelita,
22 November 2022 11.27.29 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mimpi Jatuh, Benarkah Ada Gangguan Kesehatan?
Image: Ilustrasi - Seseorang terbangun setelah mimpi terjatuh. (Freepik)

Jakarta - Mimpi jatuh merupakan mimpi yang sangat umum terjadi pada setiap orang. Terkadang, mimpi ini dapat membuat kalian terkejut dan terbangun walaupun tidur kalian sudah sangat lelap.

Setelah terbangun, biasanya jantung akan berdetak secara cepat. Namun kalian akan tetap aman karena itu hanya mimpi. Pertanyaannya, ada kaitan mimpi terjatuh dengan gangguan kesehatan?

Mimpi adalah ingatan di alam bawah sadar kita yang melibatkan indra seperti pikiran, perasaan, pendengaran, dan pengelihatan.

Bisa saja, mimpi jatuh terjadi karena dalam mimpi kamu sedang berada di puncak tinggi lalu hampir tergelincir. Atau kamu tidur terlalu dekat pada pinggir kasur dan hampir terjatuh ke lantai. 

Tidak sedikit orang yang menganggap mimpi jatuh sebagai pertanda akan sesuatu, misalnya akan terkena musibah atau bahkan akan kejatuhan uang.

Sebenarnya hal seperti itu terjadi karena setiap orang memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Detail pada mimpi mungkin dapat memberikan signifikansi terhadap pengalaman yang pernah terjadi.

Melansir Healthline, Selasa (22/11/2022), studi menunjukan bahwa mimpi jatuh merupakan hal biasa. 

Biasanya mimpi jatuh terjadi karena adanya perasaan penolakan atau merasa tidak berdaya. Namun bermimpi jatuh juga bisa berarti bahwa kamu merasa tidak aman atau tidak stabil, cemas, bahkan kewalahan.

Selain itu, mimpi terjatuh atau mimpi buruk secara terus menerus bisa saja menandakan kamu mempunyai gangguan tidur atau gangguan stress setelah trauma.

Mimpi merupakan sesuatu yang tidak bisa diatur. Oleh karena itu, kita perlu meminimalisir beban pikiran dalam hidup sehingga tidak terbawa saat tidur yang menghasilkan mimpi buruk, termasuk mimpi terjatuh.

Mengevaluasi mimpi merupakan hal yang bermanfaat. Jika mimpi jatuh tidak segera selesai dan selalu muncul pada saat tidur, sebaiknya kalian lakukan terapi. 

Seorang dokter spesialis kesehatan yang berkualifikasi bisa membantu kalian dalam mengelola stres ataupun gangguan tidur.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait