beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Mitsubishi Janji Bakal Jadikan Indonesia Basis Produksi

William Ciputra,
28 Juni 2022 09.10.41 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mitsubishi Janji Bakal Jadikan Indonesia Basis Produksi
Image: Ilustrasi - Salah satu mobil keluaran Mitsubishi. (Instagram/Mitsubishi Motors)

Jakarta - Daya tarik Indonesia sebagai tempat investasi perusahaan besar terus melambung. Kali ini, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berjanji bakal investasi dan menjadi Indonesia sebagai basis produksi. 

Komitmen Mitsubishi tersebut terungkap saat Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melakukan kunjungan ke Mitsubishi Motors Okazaki Plant di Jepang pada Senin (27/6/2022) kemarin. 

Menurut Agus, selain menjadikan Indonesia basis produksi, MMC juga berniat meningkatkan volume kinerja ekspor yang akan berpengaruh pada kinerja ekspor Indonesia. 

Pada tahun 2022 ini, kata Agus, MMC menargetkan kenaikan ekspor sebanyak 30 ribu unit dibanding tahun 2021 lalu. Jika tercapai, maka total ekspor MMC tahun 2022 akan mencapai 72 ribu dan memberikan sumbangsih surplus neraca perdagangan sebesar Rp 7 triliun. 

“Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, sehingga memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia,” kata Agus dalam pernyataan resmi yang dikutip Urbanasia, Selasa (28/6/2022). 

Penambahan negara tujuan ekspor juga akan dilakukan oleh Mitsubishi. Nantinya, agen pemegang merek (APM) di Indonesia diiizinkan menambah 9 negara tujuan ekspor, di mana saat ini sudah ada 30 negara yang masuk daftar. 

Salah satu negara yang masuk daftar tujuan ekspor adalah Australia. Menurut Agus, Australia ini menjadi pasar yang sangat penting bagi Indonesia menyusul kesepakatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). 

“Pasar Australia ini sangat besar, apalagi kita sudah punya kesepakatan dagang, sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan,” tutur Agus.

Kunjungan Agus kali ini merupakan lanjutan dari kunjungan pada Maret 2021 lalu. Saat itu, Mitsubishi berkomitmen menambah investasi di Tanah Air sebesar Rp 11,2 triliun hingga tahun 2025. 

Penambahan investasi ini diiringi dengan target peningkatan kapasitas produksi di Indonesia, dari 220 ribu unit menjadi 250 ribu unit. Mitsubishi rencananya juga akan memproduksi Xpander Hybrid dan 2 model baru yang salah satunya mulai produksi tahun 2023. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait