beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Momen Haru Ridwan Kamil Tunaikan Badal Haji untuk Almarhum Eril

Momen Haru Ridwan Kamil Tunaikan Badal Haji untuk Almarhum Eril
Image: Ridwan Kamil melakukan badal haji untuk mendiang Eril (Foto: instagram RidwanKamil)

Jakarta - Di momen Idul Adha tahun ini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melaksanakan badal haji untuk almarhum putra tercinta, Emmeril Kahn Mumtadz, saat tengah berada di tanah suci Mekah beserta keluarga.

Melalui akun Instagramnya, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil ini membagikan sejumlah postingan video ketika sedang menunaikan badal haji untuk almarhum Eril yang meninggal usai tenggelam di sungai Aare, Swiss pada akhir Mei lalu. 

Badal haji merupakan pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain yang sudah meninggal. Dan sebagai seorang ayah, Kang Emil berkeinginan untuk melaksanakan ibadah tersebut untuk mendiang putranya tercinta.

Dalam unggahan pertama, ia tampak memegang foto almarhum Eril di depan Ka'bah saat lantunan adzan subuh berkumandang.

"Rejeki Allah kepada badal haji alm Eril. Mendapatkan adzan subuh tepat di depan Ka'bah. Persis di depan Hajar Aswad, Multazam, dan pintu Ka'bah pula," tulis Kang Emil dikutip Minggu (10/7/2022).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Lalu, keesokan harinya Kang Emil kembali memposting sebuah video yang mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan tugasnya sebagai ayah untuk menyempurnakan iman islam almarhum putranya, Eril. Ia sudah merampungkan seluruh proses badal haji tersebut dengan baik.

"Alhamdulillah, semua proses badal haji atau menghajikan atas nama Eril sudah kami tunaikan. Dari niat sampai proses wajib rukun dan sunnahnya," ucap Ridwan Kamil.

Dengan ditunaikannya ibadah tersebut, Kang Emil berharap dan berdoa semoga almarhum menjadi haji yang mabrur.

Sebelumnya, di tanah suci Gubernur Jawa Barat ini juga sempat mengunggah sebuah momen ketika ia sedang menjenguk Ibu Winingsih, salah satu jamaah haji asal Subang Jawa Barat yang terkena stroke. 

"Ibu... Gubernur Jawa Barat mendoakan ke sini, ibu jangan khawatir," kata Kang Eril ketika menyemangati Winingsih yang tengah terbaring lemas di kasur.

Tak hanya itu, ia juga mengecek kondisi para jamaah lain dari Indonesia yang juga tengah menunaikan ibadah haji. Ia berkata bahwa ajang berkumpul tersebut membuat suasana seperti berada di Tanah Air.

Video unggahan Kang Emil tersebut juga memperlihatkan momen ketika Kang Emil sedang menyantap bakso dan lanjut minum kopi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait