Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Mulai Nyeri hingga Mual, Ini Efek Samping Vaksin Pfizer pada Tubuh

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mulai Nyeri hingga Mual, Ini Efek Samping Vaksin Pfizer pada Tubuh
Image: Ilustrasi suntik vaksin. (Dok. Pfizer)

Jakarta - Setelah mendapat suntikan vaksin COVID-19, tak sedikit orang yang merasakan adanya efek samping. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang mendapat suntikan vaksin COVID-19 jenis Pfizer guys.

Nah, vaksin hasil kerjasama perusahaan bioteknologi Jerman (BioNTech) dengan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (Pfizer) ini adalah vaksin mRNA (messenger RNA). Jenis vaksin ini akan memicu sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein yang kemudian dapat membantu tubuh membentuk antibody yang dapat melawan virus Corona.

Vaksin ini awalnya dianjurkan untuk orang berusia 16 tahun ke atas. Namun pada 10 Mei 2021 lalu, Badan Pegawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memperluas izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Pfizer ini untuk remaja berusia 12-15 tahun. Hasil uji klinis tahap III yang dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Turki, Afrika Selatan, Brazil, dan Argentina menunjukkan bahwa vaksin jenis ini memiliki efikasi sebesar 95 persen.

Kendati demikian, ia tak berbeda dari vaksin jenis lainnya yang juga memiliki kemungkinan efek samping setelah penyuntikan. Melansir situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemberian vaksin Pfizer juga memiliki kemungkinan efek samping pada penerimanya. Efeknya pun beragam, bisa terjadi hanya pada lengan tempat kita mendapat vaksin hingga seluruh tubuh.

Berikut beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mendapatkan suntikan vaksin Pfizer:

- Nyeri, kemerahan, gatal, hingga pembengkakak di tempat bekas suntikan.

- Sakit kepala

- Nyeri otot atau nyeri sendi

- Menggigil

- Demam ringan

- Mual dan tidak enak badan

Nah, efek samping ini bisa terjadi dalam satu atau dua hari setelah mendapatkan vaksin. Namun kamu tak perlu terlalu khawatir karena itu adalah tanda normal bahwa tubuh kita sedang membangun perlindungan dan akan hilang dalam beberapa hari.

Untuk meringankan efek samping yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba beberapa cara. Jika efek samping yang kamu rasakan terjad hanya di titik kamu mendapatkan suntikan, cobalah letakkan lap bersih yang dngin dan sudah dibasahi di atas area tersebut. Setelah itu, cobalah untuk melakukan gerakan ringan untuk melatih lenganmu. Jika kamu merasakan demam ringan, cobalah untuk menggunakan baju yang nyaman dan perbanyak minum air.

Namun jika efek samping yang kamu rasakan semakin memburuk setelah 1x24 jam atau belum juga hilang setelah ebebrapa hari kemudian, maka segeralah konsultasikan ke dokter. Namun kamu harus ingat, meski vaksin COVID-19 memiliki kemungkinan efek samping namun kamu tetap harus mendapatkan dua dosis vaksin lengkap agar perlindungannya lebih maksimal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait