Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

NASA Buka Lowongan Kerja untuk Tinggal di Mars, Ini Syaratnya!

Ardha Franstiya,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
NASA Buka Lowongan Kerja untuk Tinggal di Mars, Ini Syaratnya!
Image: NASA/Pixabay

Jakarta - NASA sedang membuka lowongan kerja dengan mencari 4 orang untuk tinggal di planet Mars buatan selama setahun. Proyek ini dalam rangka simulasi misi eksplorasi Mars, termasuk spacewalks.

Selama setahun, keempat orang tersebut akan berpartisipasi dalam simulasi perjalanan ruang angkasa, penelitian ilmiah, dan pertukaran komunikasi, serta menguji realitas virtual dan kontrol robot.

"Analog ini sangat penting untuk menguji solusi untuk memenuhi kebutuhan kompleks kehidupan di permukaan Mars," ucap ilmuan NASA, Grace Douglas, mengutip USA Today, Kamis (12/8) .

"Simulasi di Bumi akan membantu kita memahami dan melawan tantangan fisik dan mental yang akan dihadapi astronot sebelum mereka pergi," lanjut Douglas.

Mereka akan ditempatkan di Mars Dune Alpha, habitat Mars berbasis di Johnson Space Center di Houston, Texas. Tempat tersebut memiliki luas 1700 meter persegi dibuat oleh printer 3D.

Model ini akan mencakup kamar pribadi, dapur, dua kamar mandi, ruang olahraga, dan ruang untuk bercocok tanam. Eksperimen ini direncanakan NASA dengan misi pertama dimulai pada musim gugur tahun 2022 mendatang.

"Kami ingin memahami bagaimana kerja manusia di dalamnya, kami melihat situasi Mars yang realistis," ujar Douglas. 

Perekrutan kepada empat orang ini mulai di buka NASA pada Jumat (6/8/2021) lalu. Kriteria yang dibutuhkan NASA kepada 4 orang sukarelawan berbayar ini pun cukup ketat, karena mengikuti standar perekrutan astronot.

Sayangnya, syarat pelamar harus warga negara AS atau penduduk tetap yang sehat dan termotivasi, dan berusia 30 hingga 55 tahun. Selain itu, kandidat bukan perokok dan mahir berbahasa Inggris agar memudahkan proses komunikasi antara kru dan kontrol misi.

Memiliki gelar master di bidang STEM (teknik, matematika, atau biologi, fisik atau ilmu komputer) dari sekolah terakreditasi, ditambah minimal dua tahun pengalaman kerja STEM atau setidaknya 1.000 jam piloting pesawat.

Mereka yang telah menyelesaikan dua tahun bekerja menuju program doktor STEM juga dapat dipertimbangkan, serta memegang gelar sarjana di STEM atau pelatihan perwira militer, dengan empat tahun pengalaman kerja.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait