menu
user
URnews

Sukses Mendarat di Mars, Rover NASA Cari Tanda Kehidupan

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sukses Mendarat di Mars, Rover NASA Cari Tanda Kehidupan
Image: Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mendaratkan Rover Perseverance di permukaan Mars, Jumat (19/2/2021). (Twitter @NASApersevere)

Jakarta - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mendaratkan Rover Perseverance di permukaan Mars, Jumat (19/2/2021).

Robot penjelajah beroda enam itu mendarat dengan mulus sesuai titik yang dituju, yakni di Kawah Jezero.

Keberhasilan ini membuat para ilmuwan NASA bersorak kegirangan, seperti yang terlihat dalam video detik-detik pendaratan Perseverance yang diunggah di akun Twitter resminya.

Steve Jurczyk, pejabat administrator NASA memuji timnya atas pencapaian itu.

"Benar-benar  tim yang luar biasa, mereka bekerja melalui semua rintangan dalam mendaratkan wahana penjelajah di Mars, apalagi di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Seperti diketahui, robot penjelajah yang dijuluki 'Percy' itu telah menempuh perjalanan sejauh 300 mil dari bumi sejak 6 bulan lalu.

Dilengkapi dengan 25 kamera dan 2 mikrofon, Perseverance akan melakukan misi mencari tanda-tanda kehidupan lampau di Mars.

Selama dua tahun ke depan, robot ini akan menjelajah dan mengumpulkan sampel batuan serta sedimen pada dasar kawah Jezero untuk mencari kemungkinan adanya sisa-sisa mikro fosil. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait