URnews

4 Anak Ditemukan Selamat di Hutan Amazon Setelah 40 Hari Kecelakaan Pesawat

Ken Yunita, Senin, 12 Juni 2023 12.12 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Anak Ditemukan Selamat di Hutan Amazon Setelah 40 Hari Kecelakaan Pesawat
Image: istimewa

Kolombia - Empat anak ditemukan selamat di dalam hutan 40 hari sejak kecelakaan pesawat. Bagaimana bisa mereka bertahan hidup?

Keempat bersaudara itu selamat dari kecelakaan pesawat kecil pada 1 Mei. Ibu mereka, pilot, dan penumpang dewasa lainnya tewas dalam peristiwa itu.

Luis Acosta dari National Indigenous Organization of Colombia (ONIC), dikutip dari AFP, menyebut mereka memakan biji-bijian, buah-buahan, akar-akaran, dan tanaman yang mereka anggap dapat dimakan dari masa kecil mereka di wilayah Amazon.

Keempat anak tersebut merupakan anggota Suku Huitoto, penduduk asli di Kolombia dan Peru. Mereka masih berusia 13 tahun, 9 tahun, 4 tahun, dan bayi 11 bulan.

1686546627-Untitled.pngSumber: YouTube NBC

Menurut Organisasi Nasional Masyarakat Adat Kolombia (OPIAC), pengetahuan soal yang boleh dan tak boleh dimakan di hutan didapat berkat pengetahuan pribumi yang diajarkan kepada mereka.

"Kelangsungan hidup anak-anak merupakan tanda pengetahuan dan hubungan dengan lingkungan alam yang diajarkan sejak dalam kandungan ibu," kata OPIAC, dalam rilisnya.

"Anak-anak semak", demikian kakek mereka memanggil empat bocah itu, selamat usai makan tepung yucca yang ada di atas pesawat yang hancur, dan memungut parsel bantuan yang dijatuhkan oleh helikopter pencari.

Juru bicara militer Kolombia Pedro Arnulfo Sánchez Suárez mengatakan keempatnya bisa bertahan karena mengkonsumsi tepung singkong kasar (farina) yang biasanya digunakan oleh suku asli di wilayah tersebut.

"Beberapa hari setelah kecelakaan itu, mereka memakan farina yang mereka bawa ke sana, tetapi mereka (akhirnya) kehabisan makanan dan memutuskan untuk mencari tempat untuk bisa bertahan hidup," kata Suárez.

Meski dalam keadaan lemah saat ditemukan, keempat anak tersebut masih bernyawa.

"Mereka kekurangan gizi tetapi sepenuhnya sadar dan sadar ketika kami menemukan mereka," tambah dia.

Saat ini semuanya sedang dalam pemulihan di sebuah rumah sakit di ibu kota Kolombia, Bogota.

"Mereka mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan serta menemukan air yang membuat mereka tetap hidup. Ini tidak mungkin terjadi jika mereka tidak terbiasa dengan jenis lingkungan yang tidak bersahabat itu," jelasnya.

Selama operasi pencarian, tentara bekerja sama dengan pelacak setempat selama 20 hari.

Lebih dari 80 sukarelawan dari wilayah adat di Caqueta, Putumayo, Meta, dan Amazonas, bergabung dengan sekitar 100 tentara dalam apa yang disebut ‘Operasi Harapan’.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait