beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Hadapi Resesi Global

Elya Berliana Prastiti, 11 Oktober 2022 21.38.51
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Hadapi Resesi Global
Image: Ilustrasi - pergerakan ekonomi. (Gerd Altmann/Pixabay)

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani memperkirakan adanya resesi global yang terjadi pada tahun 2023. Hal ini dikarenakan kenaikan suku bunga secara agresif oleh bank sentral di berbagai negara guna mengendalikan laju inflasi.

Resesi sendiri diartikan sebagai suatu keadaan ketika perekonomian suatu negara sedang memburuk. Terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang kurang baik, produk domestik bruto negatif, dan peningkatan jumlah pengangguran.

Kondisi keuangan tersebut akan menimbulkan kemampuan daya beli masyarakat melemah akibat ketimpangan antara pendapatan yang menurun dan pengeluaran tinggi.

Ketidakstabilan ekonomi dalam kurun waktu yang lama juga akan memberikan dampak pada kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dan meningkatnya angka kemiskinan. Oleh karena itu, masyarakat perlu memahami pengelolaan keuangan secara optimal untuk meminimalisir dampak dari kemungkinan resesi ekonomi.

Untuk bisa bertahan di tengah ekonomi yang tidak stabil, marketplace asuransi terkemuka di Tanah Air yakni Lifepal.co.id, membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi resesi global. Berikut penjelasan lengkap dari Co-Founder Lifepal, Benny Fajarai.

1. Mempunyai dana darurat yang lebih besar

Dana darurat yang kamu butuhkan biasanya 3-6 kali pengeluaran setiap bulan. Namun, saat resesi dan krisis ekonomi terjadi, tidak ada yang tahu kapan akan berakhir dan kembali ke keadaan semula.

Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki lebih banyak dana darurat untuk menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu. Misalnya, kamu bisa memiliki dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran bulanan.

2. Wajib memiliki Asuransi

Pada kondisi ekonomi yang menurun, pendapatan berpotensi turun drastis atau bahkan hilang. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu khawatir menanggung risiko keuangan terganggu akibat sakit, kerusakan kendaraan, dan kemungkinan lainnya.

Tidak lupa untuk memastikan asuransi yang dipilih sudah sesuai dengan kemungkinan risiko dan situasi yang terjadi terhadap kamu dan keluarga.

“Kamu dapat menggunakan Lifepal.co.id untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mulai dari asuransi jiwa, kesehatan hingga kendaraan. Lifepal.co.id akan membantumu membandingkan dan memiliki asuransi yang sesuai dengan profil risiko,” kata Benny.

3. Pastikan memiliki Cash Flow yang sehat dan baik

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait