URnews

ACT Siap Bagikan Ribuan Porsi Makanan untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Corona

Kintan Lestari, Rabu, 8 April 2020 14.19 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
ACT Siap Bagikan Ribuan Porsi Makanan untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Corona
Image: Dok. ACT

Jakarta - Pandemi COVID-19 berdampak pada banyak sektor, salah satunya perekonomian. Banyak orang yang mengaku pendapatan mereka jadi berkurang akibat pandemi ini, terlebih masayarakat prasejahtera.

Melihat kondisi itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Humanity Food Van (HFV) dari Humanity Central Kitchen, yang mana merupakan varian dari Operasi Makan Gratis.

Jadi ACT dengan menggunakan 10 armada HFV akan membagikan ribuan porsi makanan setiap harinya yang diproduksi oleh Humanity Central Kitchen ke daerah Jabodetabek.

Program ini hadir sebagai bentuk keseriusan lembaga dan untuk menguatkan aksi-aksi ACT dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama masa pandemi corona.

Ahyudin selaku ketua Dewan Pembina ACT menyatakan bahwa program HFV merupakan suatu bentuk optimisme di kondisi sekarang ini.

"Kami akan terus memviralkan gerakan optimisme, #SebarVirusOptimis akan terus kami gencarkan. Kami juga telah mengeluarkan tema baru dalam program kami yaitu “Bersama Selamatkan Bangsa”. Inilah pekerjaan kita semuanya untuk menyebarkan solidaritas nasional ini. Tidak hanya untuk segelintir orang, tetapi semua orang," ujarnya.

"Yang sungguh kami inginkan adalah gerakan-gerakan kecil ini menjadi gelombang besar kebaikan di Indonesia. Dengan penuh rasa optimisme, kami mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergerak bersama untuk gerakan solidaritas nasional," tambah Ahyudin lagi.

Sebelum program HFV, ACT sudah membuat Operasi Makan Gratis bersama Humanity Food Truck (HFT) dan makan gratis di 1.000 Warteg dimana Humanity Food Truck menetap di lokasi-lokasi strategis seperti rumah sakit, perusahaan, masjid agung, alun-alun, dan lokasi bencana.

Sementara itu Humanity Food Van (HFV) menjangkau skala yang lebih kecil lagi sehingga dapat menyusur ke lokasi terpencil. Armada ini berfungsi untuk mengantar makanan secara langsung ke penerima manfaat.

Jadi Operasi Makan Gratis bersama 1.000 warteg memungkinkan penerima manfaat makan di tempat, sedangkan lewat Humanity Food Van semua makanan langsung diantarkan ke penerima manfaat.

Direktur Program ACT Bambang Triyono menjelaskan, program Humanity Food Van merupakan bagian dari ikhtiar ACT untuk menyalurkan bantuan ke seluruh masyarakat yang membutuhkan pada saat pandemi ini. 

"Hingga saat ini, total bantuan yang telah didistribusikan ACT melalui Operasi Pangan Gratis mencapai 1.750 ton. Dengan penerima manfaat sejumlah 850.000 jiwa. Dalam aksi ini, ACT juga telah melibatkan 10.000 relawan, 15.000 aksi di seluruh Indonesia. Seluruh aksi yang telah berjalan ini menjadi satu bukti bahwa kedermawanan di negeri ini belum pudar, dalam kondisi apapun. Inilah yang harus terus kita gaungkan. Semangat kedermawanan nasional," kata Bambang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait