beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Bakal Diikuti Seribu Mahasiswa, Ini 6 Tuntutan BEM SI dalam Demo 11 April

Nivita Saldyni, 10 April 2022 18.39.58
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bakal Diikuti Seribu Mahasiswa, Ini 6 Tuntutan BEM SI dalam Demo 11 April
Image: Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong (kanan) menemui massa dari Aliansi BEM SI di kawasan Patung Kuda, Senin (28/3/2022). (Sumber: Kantor Staf Presiden RI via Antara)

Jakarta - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia (BEM SI) bakal menggelar demo besar-besaran di depan Istana Negara pada Senin, 11 April 2022.

Aksi tersebut rencananya akan diikuti oleh sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai kampus.

"Kira-kira ada 1.000 masa. Kampusnya tersebar, ada dari daerah-daerah juga merapat ke pusat. Dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jateng, DIY juga ada, banyak," kata Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).

"Kami aksinya juga nggak ada tujuan chaos atau anarkis atau rusuh. Saling mengimbau saja dari polisi untuk tidak anarkis, jangan merusak fasilitas umum juga, dan istilahnya harus hati-hati dengan orang-orang yang menjadi cuma nebeng di aksi itu, cuma buat rusuh doang, harus di-screen dengan teliti," sambungnya.

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram resminya, BEM SI menjelaskan aksi tersebut merupakan lanjutan dari aksi yang sempat mereka gelar pada 28 Maret 2022. Lewat aksi besok, BEM SI akan menagih janji terkait enam tuntutan yang mereka ajukan di aksi sebelumnya.  

Berikut enam tuntutan BEM SI yang akan disampaikan dalam aksi 11 April 2022:

1. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode. 

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang Undang-undang (UU) tentang Ibu Kota Negara (IKN).

3. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

4. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak Jokowi serta wakilnya, Ma'ruf Amin, untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait