URnews

BNPT Ajak Ormas Islam Turut Andil Cegah Radikalisme dan Terorisme

Maulidya Q, Rabu, 14 Desember 2022 11.18 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BNPT Ajak Ormas Islam Turut Andil Cegah Radikalisme dan Terorisme
Image: Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol R Ahmad Nurwahid. (ANTARA)

Jakarta - Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol R Ahmad Nurwahid BNPT akan bekerja sama dengan Ormas Islam di Indonesia untuk mencegah terorisme dan radikalisme. 

“Karena hal ini sebagai upaya untuk membendung penyebaran paham radikalisme terorisme,” ujar Ahmad, mengutip ANTARA, Rabu (14/12/2022)

Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri Dialog Pencegahan Paham Radikal Terorisme di Sulawesi Selatan yang diselenggarakan BNPT yang bekerjasama dengan ormas Islam Pengurus Besar Darud Da'wah Wal Irsyad (PB DDI), di Makassar, Selasa (13/12/2022).

“Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) itu gudangnya para pendakwah. Tahun depan DDI tentunya juga jadi prioritas, karena kita mau para pendakwah ini bagaimana bisa mengajarkan moderasi kepada para umat, membawa masyarakat menjadi moderat,” lanjutnya.

BNPT melalui Direktorat Pencegahan membangun kemitraan dan kerjasama dengan ormas-ormas moderat seperti DDI dan Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengoordinasikan pencegahan radikalisme dan terorisme

“Kemitraaan ini untuk apa, untuk membangun moderasi beragama, untuk melakukan kontra radikalisasi terutama di dunia maya, kontra narasi, kontra propaganda, dan kontra ideologi, dan untuk memberikan vaksinasi ideologi terhadap masyarakat, supaya imun dan tercegah dari segala paparan radikalisme dan terorisme,” jelas Nurwahid.

Menurutnya, DDI akan menjadi mitra abadi untuk BNPT sebagai upaya membangun kesiapsiagaan nasional, dalam hal ini untuk vaksinasi ideologi pada masyarakat, untuk membangun serta mengembangkan moderasi beragama di lingkungan masyarakat.

Ia berharap agar kedepannya DDI terus berkembang sebagai ormas moderat yang terus membangun pemaham washaiyah. Serta, sebagai mitra BNPT-DDI juga terus mengembangkan dakwah-dakwah untuk menurunkan tren indeks potensi radikalisme.

Selain itu, terkait pernyataan Direktur Pencegahan BNPT, Ketua Majelis Istiyar/Pengasihan PB DDI, Alwi Nawawi mengatakan bahwa DDI berkomitmen untuk mendukung program BNPT dalam mencegah paham radikal terorisme di masyarakat.

“Karena apa yang dilakukan BNPT ini merupakan tanggung jawab bersama. Agama sendiri tidak akan berjalan kecuali kondisinya kondusif. Karena itu tugas semua yakni mencegah terorisme itu jangan sampai menyebar ke masyarakat,” jelas KH Alwi Nawawi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait