URnews

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura, Sejumlah Orang Dilaporkan Tewas

Tim Urbanasia, Kamis, 9 Februari 2023 17.45 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura, Sejumlah Orang Dilaporkan Tewas
Image: Bangunan roboh akibat gempa di Jayapura Papua (Twitter/@BNPB_Indonesia)

Jakarta - Gempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kota Jayapura, Papua pada Kamis (9/2/2023) sekitar pukul 15.28 WIT.

Menurut laporan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di daratan dan menimbulkan sejumlah kerusakan.

"Dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melansir ANTARA, Kamis.

Daryono menambahkan, titik pusat gempa terletak di darat pada kedalaman 10 kilometer. Diperkirakan jenis gempa bumi dangkal itu akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujar Daryono.

Daryono menyampaikan, dampak getaran gempa di wilayah Kota Jayapura dengan skala intensitas V MMI (Modified Mercally Intensity) dirasakan hampir semua penduduk.

Sementara gempa dengan skala intensitas III-IV MMI di Kabupaten Keerom dan III MMI di Kabupaten Jayapura dirasakan seperti getaran truk saat melintas.

Daryono turut memaparkan, dari hasil pantauan BMKG sejak 2 Januari-9 Februari 2023 pukul 14.00 WIB setidaknya telah terjadi sebanyak 1.072 kali gempa yang melanda wilayah Kota Jayapura.

Untuk itu, dia menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan menghindari bangunan yang berpotensi rubuh akibat getaran gempa.

Korban Tewas

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat ada empat orang tewas akibat gempa bumi ini. Empat orang ini tertimbun kafe yang roboh ke laut saat gempat terjadi.

“Laporan per pukul 15.00 WIB telah dievakuasi 4 korban dalam kondisi meninggal dunia. Korban terperangkap di bawah reruntuhan kafe dan tertutup atapnya,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BPNB, Abdul Muhari, Kamis. 

Sementara, Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid mencatat ada satu korban tewas yang merupakan pegawai Restoran Cerita yang berlokasi di Ruko, Dox II, Jayapura.

"Korban merupakan seorang perempuan karyawan Restoran Cerita yang ambruk ke laut saat terjadi gempa sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri," terang Asep.

Selain itu, data yang diterima oleh Asep juga mengatakan ada lima orang mengalami luka-luka. Sementara pihak BPBD Kota Jayapura hingga kini juga masih mendata kerusakan bangunan akibat gempa.

"Sementara dari data yang kami dapat di lapangan itu kantor Wali Kota Jayapura mengalami keretakan dan Mall Jayapura juga," kata Asep.

Untuk mengantisipasi gempa susulan, Asep turut menghimbau masyarakat agar menjauhi bangunan atau gedung berlantai dan mencari titik kumpul seperti lapangan untuk evakuasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait