URnews

Hindari Kepadatan, Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal

Urbanasia, Kamis, 13 April 2023 13.45 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hindari Kepadatan, Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal
Image: Ilustrasi mudik di terminal (Foto: Antara)

Jakarta - Masyarakat yang berencana mudik ke kampung halaman dianjurkan untuk melakukan perjalanan lebih awal. Tujuannya agar terhindar dari kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 18 hingga 21 April 2023. 

“Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silahkan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat,” katanya melansir Antara, Kamis (13/4/2023).

Budi menambahkan, pemerintah melakukan sejumlah upaya untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan di satu hari tertentu. 

Hal ini agar tidak terjadi satu puncak arus mudik yang terlalu tinggi yang menyebabkan kepadatan tidak bisa dikendalikan.

“Kami berharap dengan upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan, perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar,” katanya.

Sejumlah upaya antisipasi yang telah dilakukan di antaranya yaitu memajukan libur cuti bersama menjadi tanggal 19-25 April 2023. 

Dengan begitu, terdapat tambahan hari yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal atau tidak mepet dengan hari H Lebaran.

“Jadi tekanan di hari puncak arus mudik bisa didorong ke depan atau di hari-hari sebelum hari puncak,” jelas Budi.

Selain itu, sejumlah operator transportasi dan jalan juga telah memberikan tarif promo untuk mendorong masyarakat mudik lebih awal diantaranya yaitu operator jalan tol seperti Jasa Marga dan Hutama Karya.

Hutama Karya memberikan potongan 20 persen untuk tol Trans Sumatera pada tanggal 16-18 April dan arus balik pada 26-28 April 2023. 

Sementara, Jasa Marga memberi potongan 20% pada tarif Tol Jakarta Cikampek pada tanggal 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Tidak hanya Jasa Marga dan Hutama Karya saja, Operator KAI juga ikut memberikan tarif diskon kereta untuk tanggal 14 - 17 April 2023.

Kemudian maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, Transnusa dan Super Jet serta Lion Air menetapkan potongan harga pada tiket periode 13-17 April 2023.

Lebih lanjut, berbagai skenario rekayasa lalu lintas telah disiapkan seperti contra flow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, manajemen rest area, dan lain sebagainya untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di hari puncak arus mudik. 

“Rekayasa lalu lintas tersebut akan dimulai pada 18 April 2023 mulai dari jalur tol Cikampek Km 72 sampai Gerabang Tol Kalikangkung Km 414,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait