URnews

Jokowi: Sepertiga Dunia Terancam Resesi, Indonesia dalam Kegentingan Global

Urbanasia, Jumat, 13 Januari 2023 11.10 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi: Sepertiga Dunia Terancam Resesi, Indonesia dalam Kegentingan Global
Image: Presiden Jokowi saat membuka Rakornas PBB. (Dok. Setkab)

Jakarta - Presiden Joko Widodo lagi-lagi mengingatkan semua pihak akan resesi global yang mengancam dunia pada 2023 ini. Sambil mengutip data IMF, Jokowi menyebut sepertiga negara di dunia terancam resesi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Musyawarah Dewan Partai Bulan Bintang (PBB) pada Rabu, 11 Januari 2023 lalu.

“Semua negara termasuk Indonesia berada dalam kegentingan global. Setelah tahun baru, Managing Director IMF mengatakan di tahun 2023 sepertiga ekonomi dunia diprediksi mengalami resesi,” kata Jokowi dikutip Jumat (13/1/2023).

Jokowi lantas mengilustrasikan sepertiga negara di dunia itu. Menurutnya, jika ada 200 negara di dunia, maka sebanyak 70 negara di antaranya akan mengalami resesi.

Menurut Jokowi, semua pihak di Indonesia harus memiliki perasaan yang sama terkait ancaman krisis global ini. Meskipun ia mengakui banyak pihak di Indonesia yang tidak sadar dan masih merasa norma-normal saja.

“Karena memang ekonomi kita masih normal. Di kuartal ketiga 2022, masih di angka 5,72 persen (pertumbuhan ekonomi, red), kuartal keempat baru dalam penghitungan,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyinggung tahun politik yang akan dihadapi Indonesia. Ia mengimbau, kontestasi politik ini jangan sampai merusak stabilitas di Indonesia.

“Jangan sampai kegentingan global ini ada, kemudian kita masuk tahun politik, kemudian mengguncang sisi ekonomi. Mengembalikannya itu sangat sulit sekali,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait