URnews

Kloter 1 Jamaah Calon Haji Indonesia Diberangkatkan, Jumlahnya 388 Orang

William Ciputra, Rabu, 24 Mei 2023 08.05 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kloter 1 Jamaah Calon Haji Indonesia Diberangkatkan, Jumlahnya 388 Orang
Image: Menteri Agama melepas jamaah calon haji kloter 1 yang sudah diberangkatkan. (Istimewa)

Jakarta - Kloter 1 jamaah calon haji Indonesia diberangkatkan pada Rabu (24/5/2023) dini hari WIB. Kloter pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) ini berjumlah 388 orang jamaah. 

Keberangkatan 388 jamaah JKG 01 ini dilepas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Yaqut turut menyapa jamaah. Ia juga memberikan pesan kepada jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan selama menjalani ibadah haji. 

"Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunnah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai,” katanya melansir laman Kemenag, Rabu. 

Menurut Yaqut, kondisi di Arab Saudi, berbeda dengan di Indonesia. Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jamaah harus dapat menyesuaikan diri. 

Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jamaah.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan kepada jamaah," imbuhnya.

Yaqut melanjutkan, jamaah lanjut usia (lansia) tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Kemenag pun berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi jamaah lansia ini. 

Ia lantas meminta para petugas lebih ramah dan peduli kepada jamaah lansia. Seluruh jamaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait