URnews

Komentari Childfree, Wapres: Kalau Nggak Ada Anak, Dunia Ini Siapa yang Lanjutkan?

Tim Urbanasia, Jumat, 10 Februari 2023 17.13 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Komentari Childfree, Wapres: Kalau Nggak Ada Anak, Dunia Ini Siapa yang Lanjutkan?
Image: Wapres K.H. Ma’ruf Amin (Dok. Sekretariat Wakil Presiden RI)

Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka suara terkait persoalan 'childfree' atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak yang belakangan tengah ramai diperbincangkan.

Topik tentang 'childfree' ini kembali menghangat usai Influencer Gita Savitri menyebut keputusan untuk tidak punya anak bisa bikin seseorang awet muda.

Menurut Ma’ruf, tujuan pernikahan adalah untuk melanjutkan generasi dengan memiliki anak. Perkawinan, kata dia, adalah agar manusia berkembang untuk mengelola dunia hingga hari kiamat nanti. 

"Kalau nanti dia tidak punya anak, lantas dunia ini terus siapa yang melanjutkan? Jadi nggak ada (yang melanjutkan, red). Nggak ada yang jadi wartawan … karena nggak ada keturunan,” kata Ma'ruf kepada wartawan, Jumat (10/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf juga menjelaskan perbeedaan childfree dengan menunda kehamilan. Menurut dia, menunda merupakan bentuk mengatur kehamilan yang itu diperbolehkan. 

Tak hanya itu, Ma’ruf juga membantah anggapan sebagian orang yang menyebut childfree adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. 

"Dalam program penanggulangan stunting, tidak ada program dengan tidak punya anak ya, tentu apa namanya itu (childfree) ya. Jadi, itu tidak ada," sambung Ma'ruf.

'Childfree' merupakan istilah yang digunakan untuk pasangan suami istri yang memutuskan untuk tidak memiliki keturunan. Pola hidup ini pun sudah berkembang sejak lama di AS, Eropa, Kanada, dan Australia.

Faktor yang melatarbelakangi 'childfree' pun beragam, mulai dari gangguan kesehatan, keinginan tidak memiliki anak, fokus karier, pertimbangan kondisi sosial ekonomi, dan masih banyak lagi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait