URnews

Menpora Bahas Membangun 'Nation Branding' Lewat Olahraga di UHAMKA

Agung Pratama Satria, Rabu, 30 Maret 2022 17.05 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menpora Bahas Membangun 'Nation Branding' Lewat Olahraga di UHAMKA
Image: Ilustrasi - Menpora Zainudin Amali dalam Talk Show FMB 9 (Forum Merdeka Barat 9), Selasa (892020) di Wisma Kemenpora, Jakarta. (Ist)

Jakarta - Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (UHAMKA) lewat Program Studi Ilmu Komunikasinya mengadakan kuliah terkait membangun 'Nation Branding' melalui komunikasi olahraga. Webinar nasional yang mengusung tema “Membangun Nation Branding Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi di Tingkat Global" yang dilaksanakan pada Selasa (29/3).

Farida Hariyati selaku Panitia Webinar Nasional menjelaskan bahwa webinar ini bertujuan supaya dapat mengelaborasi ide-ide maupun gagasan dari para praktisi serta akademisi terkait dengan kajian komunikasi olahraga dalam hal ini berfokus pada membangun 'Nation Branding'.

Proses membangun branding tadi menurut Farida akan melibatkan banyak komponen dalam proses komunikasinya. Seperti pemberitaan di media, unggahan di media sosial, sampai akhirnya dapat membangun persepsi dan penanaman di publik. Indonesia sendiri menurutnya memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan per kapita melalui sektor pariwisata dan olahraga.

“Oleh karenanya penting memahami tentang nation branding dalam perspektif Ilmu Komunikasi, melalui konteks komunikasi olahraga menjadi satu wacana penting. Hal ini mendorong prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA untung menghadirkan pakar dan praktisi dalam forum seminar nasional yang dapat memberikan pandangan, serta analisis terkait dengan potensi Indonesia dalam membangun Nation Branding ini,” tambahnya.

Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) didaulat menjadi pembicara kunci pada webinar kali ini. Selain itu, webinar ini juga dihadiri Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali serta Wartawan Olahraga Senior Kompas, Mahfudin Nigara.

Dalam materinya, Zainudin mengatakan bahwa olahraga menjadi suatu hal yang penting dalam mengukuhkan eksistensi bangsa. Indonesia sendiri sudah melakukan 'Nation Branding' sejak awal kemerdekaan melalui kegiatan olahraga internasional, baik sebagai peserta maupun penyelenggara.

Hal senada disampaikan Effendi, ia mengatakan bahwa branding merupakan hal penting dan salah satunya melalui olahraga yang dinilai cukup efektif. Namun tetap harus diperhatikan tema branding apa yang ingin dibuat oleh suatu negara.

Sedangkan Mahfudin menyatakan bahwa kegiatan olahraga seharusnya sudah di masyarakat sejak dini. Hal ini supaya masyarakat baik dari lapisan manapun tidak asing dengan olahraga dan pemerintah dapat menemukan bibit-bibit unggul untuk berbagai cabang olahraga yang kelak dapat mengharumkan nama bangsa.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait