URnews

Mulai Hari Ini, Pemeriksaan GeNose C19 Ada di Stasiun Pasar Turi

Nivita Saldyni, Senin, 15 Februari 2021 16.04 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mulai Hari Ini, Pemeriksaan GeNose C19 Ada di Stasiun Pasar Turi
Image: Ilustrasi calon penumpang KA mengikuti pemeriksaan GeNose C19. (Humas PT KAI)

Surabaya - Layanan pemeriksaan GeNose C19 akhirnya telah tersedia di Surabaya mulai hari ini, Senin (15/2/2021). Stasiun pertama yang menyediakan layanan ini adalah Stasiun Pasar Turi, guys.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, layanan pemeriksaan GeNose C19 tersedia mulai pukul 07.00 - 18.00 WIB setiap harinya. Sekali pemeriksaan, calon penumpang kereta api hanya akan dikenakan biaya Rp 20.000 aja.

"Ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," kata Luqman dikutip dari rilis resminya, Senin (15/2/2021).

Layanan ini, lanjut Luqman, bisa digunakan oleh seluruh calon penumpang kereta api jarak jauh sebagai surat keterangan negatif COVID-19.

Untuk Urbanreaders ketahui, pemeriksaan ini dilakukan sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 guys.

Dalam SE tersebut, calon penumpang kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19, Rapid Test Antigen, atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

"Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," imbuh Luqman.

Nah, Urbanreaders di Surabaya yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api dari Stasiun Pasar Turi bisa nih langsung mencoba.

Syaratnya, kata Luqman yaitu dengan menunjukkan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

"Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum, kecuali air putih untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19," jelasnya.

"KAI akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah," imbuhnya.

Sementara itu hingga hari ini, KAI telah melayani layanan pemeriksaan GeNose C19 di delapan stasiun. Mulai dari Stasiun Pasar Senen, Yogyakarta, Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi. 

Layanan pemeriksaan GeNose C19 ini sendiri merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada.

Jumlah stasiun yang dapat melayani pemeriksaan GeNose C19 sendiri rencananya akan terus ditambah secara bertahap.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait