URnews

Pembelian Gas Elpiji 3 Kg Bakal Dibatasi, Begini Tahapannya

Tim Urbanasia, Rabu, 1 Februari 2023 13.10 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pembelian Gas Elpiji 3 Kg Bakal Dibatasi, Begini Tahapannya
Image: Ilustrasi LPG (Flickr.com)

Jakarta - Pemerintah berencana akan melakukan pembatasan dalam pembelian gas LPG 3 Kg. Pembatasan ini dilakukan secara bertahap mulai tahun 2023 ini.

“Tahap awal memang tidak ada batasan konsumen, tapi yang ada batasan jumlah LPG,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji dikutip Rabu (1/2/2023).

Menurut Tutuka, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan serta mengawasi jumlah pembelian gas 3 kilogram di kabupaten dan kota. Pengawasan ini dilakukan melalui pilot project.

Setelah pilot project selesai, pendataan dan pengawasan akan diterapkan ke tingkat nasional. Hal ini bertujuan memastikan bahwa penyaluran subsidi tertutup LPG 3 kilogram akan dilakukan secara bertahap.

Tutuka pun menyampaikan, dalam sistem penyaluran subsidi LPG 3 kilogram secara tertutup, akan ada basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang digabungkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Untuk saat ini Kementerian WSDM masih melakukan evaluasi terhadap penjual LPG 3 Kilogram, karena masih banyak masyarakat yang membeli LPG 3 kilogram dengan harga lebih tinggi dari yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait