URnews

Perdana, Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad dengan Resolusi Tinggi

Shelly Lisdya, Rabu, 5 Mei 2021 11.10 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perdana, Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad dengan Resolusi Tinggi
Image: Pemerintah Arab Saudi merilis sejumlah foto baru Hajar Aswad di Kakbah dengan resolusi tinggi. (Twitter @ReasahAlharmain)

Jakarta - Pemerintah Arab Saudi merilis foto close-up Hajar Aswad atau Black Stone di Kakbah dengan resolusi tinggi untuk pertama kalinya pada Senin, (3/5).

Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan bahwa foto detail dari Hajar Aswad ini diabadikan dengan teknik baru, yakni menggunakan teknologi Fox Stack Panorama.

Melansir Alarabiya News, batu Hajar Aswad difoto selama tujuh jam untuk menghasilkan satu gambar dengan resolusi tertinggi. Gambar berukuran hingga 49 ribu megapiksel tersebut membutuhkan waktu 50 jam untuk proses editing.

FYI nih guys, Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Muslim berasal dari surga. Ditemukan pertama kali oleh Nabi Ismail dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim. 

Umat Muslim percaya bahwa Hajar Aswad diturunkan langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril. Batu itu diletakkan di dalam lapisan perak murni dan terletak di sudut Kakbah, sekitar satu setengah meter dari tanah.

Dahulu kala, batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. 

Selama umrah atau haji, umat Muslim didorong untuk menyentuh batu setelah setiap Tawaf. Namun, karena banyaknya peziarah yang berkunjung setiap tahun, dapat diterima untuk melambai dari kejauhan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait