URnews

Ratusan Merek Lokal Saling Kolaborasi di Legendary Brand Festival 2023

Urbanasia, Sabtu, 25 Februari 2023 18.45 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ratusan Merek Lokal Saling Kolaborasi di Legendary Brand Festival 2023
Image: Pembukaan Legendary Brand Festival 2023. (Urbanasia)

Jakarta - Ratusan brand lokal bersama pelaku UMKM dalam negeri saling berkolaborasi dalam acara Legendary Brand Festival 2023. Festival ini digelar selama dua hari, 25-26 Februari 2023 di City Hall PIM 3, Jakarta Selatan. 

Sebanyak 100 pelaku usaha yang sudah mapan dan berkategori legendaris turut serta dalam kolaborasi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif 10.000 pelaku UMKM. Kolaborasi dilakukan melalui sejumlah forum bisnis, konferensi, hingga pameran. 

Legendary Brand Festival 2023 dibuka oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Sabtu (25/2/2023) pagi. Dalam sambutannya pria yang akrab disapa Zulhas itu menekankan pentingnya kolaborasi antar pelaku usaha. 

“Kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi,” katanya. 

Zulhas menambahkan, Kemendag berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM melalui empat pilar yaitu pengembangan UMKM, sinergi UMKM dengan marketplace, akses pembiayaan bersama LPEI, dan akses pasokan produk UMKM ke ritel modern.

Legendary Brand Festival 2023 sendiri digelar atas inisiatif Shipper bersama e•ko•lab Kemenko Perekonomian, dan LocalFest. selain kolaborasi, acara ini juga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan inovasi, jejaring, dan perluasan pemasaran produk. 

Zulhas pun mengapresiasi inisiatif Shipper ini. Menurutnya, acara semacam Legendary Brand Festival ini sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan. 

1677325425-Legendary-Brand-Festival.jpegMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka Legendary Brand Festival 2023. (Urbanasia)

“Yaitu membangun ekosistem untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan retail modern hingga perusahaan grosir besar melalui ekosistem e•ko•lab,” imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Co Founder dan COO Shipper, Budi Handoko mengatakan, melalui acara ini pihaknya ingin meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM sehingga dapat bertahan dan bahkan bertumbuh. 

“Sehingga dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian nasional,” katanya. 

Budi menambahkan, Shipper menilai akan ada berbagai tantangan perekonomian yang akan dihadapi para pelaku usaha tahun ini.

Tantangan itu, imbuhnya, akan memaksa pelaku usaha harus memperhatikan perubahan tren konsumen, digitalisasi, dan inovasi produk dan layanan untuk tetap bersaing dan berkembang. 

Legendary Brand Festival 2023 diselenggarakan secara hybrid dengan rangkaian acara forum bisnis, konferensi, dan pameran. 

Beberapa merek legendaris yang turut meramaikan acara ini adalah Buccheri, Khong Guan, Wardah, Mustika Ratu, Olympic Furniture, Somethinc, dan merek terkenal lainnya di sektor fashion, kecantikan, dan makanan dan minuman. 

Kolaborasi antar merek besar dengan merek lokal ini juga didukung oleh Localfest, festival urban kreatif yang menampilkan potensi-potensi lokal di bidang fashion, kuliner, musik, dan seni yang diselenggarakan tiap tahun oleh  Urban Sneaker Society (USS) Networks.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait