beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 13 Maret: Logo Halal Terbaru hingga Kebocoran Gas PLTP Dieng

Urbanasia, 14 Maret 2022 04.00.01
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 13 Maret: Logo Halal Terbaru hingga Kebocoran Gas PLTP Dieng
Image: Kepala BPJPH M Aqil Irham. (Dok. Kemenag)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Minggu (13/3/2022) nih, Urbanreaders! Kabar di antaranya, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan label halal baru yang berlaku secara nasional.

Lalu, ada juga mengenai, Ukraina tuding pasukan Rusia tembaki Masjid di Mariupol, hingga sumur bor di Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Geodipa mengalami kebocoran gas.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini!

1. Kemenag Tetapkan Logo Halal Baru, Intip Filosofinya

1647137210-Aqil-Irham.jpgKepala BPJPH M Aqil Irham. (Dok. Kemenag)

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menetapkan label halal yang berlaku secara nasional dan terhitung sejak 1 Maret 2022.

Penetapan label halal tersebut dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal. Surat Keputusan ditetapkan di Jakarta pada 10 Februari 2022, ditandatangani oleh Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham.

Penetapan label halal tersebut, menurut Aqil Irham, dilakukan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Penetapan ini juga bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH.

2. Ukraina Tuding Pasukan Rusia Tembaki Masjid di Mariupol

1645074012-tentara-rusia.jpegTank tempur utama T-72B3 Rusia terlihat di wilayah Rostov, Rusia pada 27 Januari 2022. (Reuters via ANTARA)

Pasukan militer Rusia dikabarkan menembaki masjid di kota pelabuhan Mariupol, bagian selatan Ukraina, Sabtu (12/3/2022). Masjid tersebut menjadi tempat berlindung lebih dari 80 orang yang terdiri dari perempuan dan anak-anak.

“Masjid Sultan Suleiman the Magnificent di Mariupol ditembaki penjajah Rusia. Lebih dari 80 orang dewasa dan anak-anak bersembunyi di sana, termasuk warga Turki,” tulis  Kementerian Luar Negeri Ukraina melalui akun media sosial resminya.

Namun Kepala Yayasan Masjid Sultan Suleiman, Ismail Hacioglu membantah kabar bahwa masjid tersebut telah dibom.

3. Setelah 4 Bulan Tunangan, Awkarin dan Gangga Kusuma Putus?

1638239905-Karin-dan-Gangga.pngKarin Novilda dan Gangga Kusuma. (Instagram @awkarin)

Selebgram Karin Novilda alias Awkarin lagi-lagi jadi sorotan di media sosial. Dia dikabarkan putus dengan Gangga setelah empat bulan lebih tunangan. 

Isu tersebut bermula ketika pelantun ‘Candu’ ini membuat beberapa unggahan tentang mantan di Twitter. Dalam unggahannya, Karin menulis, “Terlalu terbuai dengan kisah-kisah cinta, lalu beranggapan semuanya akan menjadi kisahmu dalam waktu dekat. Ternyata aku hanya bodoh”.  

Tak berhenti di sana, Karin juga menanggapi cuitan netizen tentang cara menghindari sakit hati. Selebgram 24 tahun ini  menambahkan tiga poin, salah satunya keputusan balikan dengan mantan pacar. 

4. Pangeran Harry Dituduh Hina Ratu Elizabeth, Kenapa?

1647143781-pangeran-harry.pngPangeran Harry. (Instagram @princeharryofengland)

Pangeran Harry dituduh menghina Ratu Elizabeth II setelah mengumumkan dirinya tidak akan hadir pada upacara peringatan kematian kakeknya Pangeran Philip, di tengah perselisihan hukum atas perlindungan keamanan Harry di Inggris.

Pangeran Philip, yang menikah dengan Ratu Elizabeth II selama 73 tahun, meninggal April lalu hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-100.

Pemakamannya diadakan di bawah pembatasan ketat COVID-19, dengan hanya 30 pelayat termasuk Harry untuk menghormati kebijakan pemerintah. Mengingat sifat pemakaman yang terbatas, upacara peringatan bulan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan peringatan nasional untuk menghormati jasa Duke of Edinburgh tersebut.

5. Kebocoran Gas PLTP di Dieng, 1 Pekerja Tewas

1647144528-Kebocoran-gas-pltp.jpgKebocoran gas PLTP Dieng. (Twitter)

Sumur Bor di Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Geodipa, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengalami kebocoran gas pada Sabtu (12/3/2022) sore.

Kebocoran tersebut terjadi saat para pekerja sedang melakukan pengeboran di sumur PAD 28, kemudian diduga keluar gas H2S dari sumur yang menyebabkan pekerja keracunan. Sumur tersebut berada di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait