URnews

Roundup 23 Januari: Pasien Omicron Meninggal hingga Penutupan Bandara Halim

Urbanasia, Minggu, 23 Januari 2022 19.31 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 23 Januari: Pasien Omicron Meninggal hingga Penutupan Bandara Halim
Image: Bandara Halim Perdanakusuma. (Flickr)

Jakarta -- Akhir pekan di hari Minggu (23/1/2022) diwarnai beberapa berita yang menarik untuk disimak nih, Guys. Yang pertama adalah kabar duka dari Kementerian Kesehatan mengenai kasus kematian pertama varian Omicron di Indonesia. Varian dengan daya tular tinggi ini jadi pengingat bahwa kita harus lebih ketat menerapkan protokol kesehatan. 

Sedangkan berita lainnya yaitu tentang presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang sudah kembali ke Tanah Air usai menjalani operasi di Amerika Serikat. Jika Urbanreaders penasaran ingin tahu lebih lanjut, ini dia Roundup Top 5 News Urbanasia. 

1. Indonesia Catat Dua Pasien COVID-19 Varian Omicron Meninggal Dunia 

1641212090-omicron.jpegSumber: Ilustrasi Omicron (Reuters via Antara)

Dua pasien COVID-19 Omicron dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu (22/1/2022). Kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi. Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), dari dua pasien tersebut, satu merupakan transmisi lokal. Sementara satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Kedua pasien tersebut memiliki komorbid. 

Sejak 15 Desember 2021 hingga saat ini, secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia. Kasus dengan gejala sedang sampai berat dilakukan perawatan di rumah sakit, sementara tanpa gejala hingga ringan, difokuskan untuk isolasi mandiri dan isolasi terpusat.

2.  Mulai 26 Januari, Bandara Halim Perdanakusuma Tutup hingga 3,5 Bulan

Halim Perdanakusuma.jpgSumber: Bandara Halim Perdanakusuma. (Flickr)

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) mengumumkan, Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022 untuk rencana revitalisasi.
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, waktu penutupan diperkirakan paling lama sekitar 3,5 bulan. 

Pekerjaan yang akan dilakukan, yaitu pembangunan di sisi udara maupun sisi darat yang meliputi: penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama (VVIP) dan Naratama (VIP). 

3.  SBY Kembali Aktif Melukis Usai Operasi Kanker di Amerika Serikat  

1628417362-SBY.jpgSumber: Potret SBY dengan lukisan 'Debur Ombak di Pantai Pacitan’ (Instagram/@andi_a_mallarangeng)  

Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono telah menjalani operasi kanker prostat di Amerika Serikat.  Sebulan setelah kepulangannya ke Indonesia, ia pun mulai kembali menjalani hobi melukis. 
Hal itu diungkapkan SBY melalui akun Instagram mendiang istrinya @aniyudhoyono. SBY juga mengabarkan operasi dan pengobatan yang dijalaninya berjalan dengan lancar. 

Pendiri Partai Demokrat juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap semua yang telah memberikan dukungan baginya. 

"Terima kasih atas doa dari para sahabat sekalian," tulis SBY. 

4. Polda Metro Tindak Iring-iringan Mobil Mewah di Tol Andara 

1642922239-Polda-nilang-mobil-mewah.jpgSumber: Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penindakan kepada beberapa kendaraan mobil mewah yang beriringan di KM 02+400 Andara. (Twitter @TMCPoldaMetro)

Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penindakan kepada beberapa kendaraan mobil mewah yang beriringan di KM 02+400 Andara, Jakarta Selatan, pada Minggu (23/1/2022). Penindakan terjadi pukul 11.07 WIB, dilakukan karena para kendaraan mewah tersebut melaksanakan dokumentasi di dalam Ruas Tol, sehingga menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengemudi lain.

Banyak netizen yang mengomentari kejadian tersebut dengan memberi kritikan pedas kepada para pengemudi kendaraan mewah itu.

"Orang kaya nyusahin terus," komentar netizen.

"Mobil doang mahal, watak miskin," kata netizen lagi.

5. Jinhwan, Yunhyeong dan Donghyuk iKON Positif COVID-19 

1614772783-iKON.jpgSumber: iKON/YG Entertainment

Jinhwan, Yunhyeong, dan Donghyuk iKON terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar tersebut disampaikan agensi iKON, YG Entertainment, dalam pernyataan resmi.  Menurut YG, hasil tes COVID-19 Jinhwan, Yunhyeong, dan Donghyuk menunjukkan hasil positif setelah mereka menunjukkan gejala flu ringan.

Sementara member lainnya, yakni Bobby, Junhoe, dan Chanwoo dinyatakan negatif COVID-19. Kendati demikian, seluruh member iKON maupun kru saat ini menjalani karantina mandiri untuk pencegahan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait