URnews

Terungkap, Ini Deretan Barang yang Dibeli Masyarakat saat Ramadan

Urbanasia, Jumat, 7 April 2023 12.30 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Terungkap, Ini Deretan Barang yang Dibeli Masyarakat saat Ramadan
Image: Media Gathering dan buka bersama Home Credit Indonesia. (Urbanasia)

Jakarta - Selain memperbanyak ibadah, bulan Ramadan juga biasa dijadikan momentum masyarakat untuk berbelanja, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan Lebaran. 

PT Home Credit Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi ini melakukan survei tentang perilaku berbelanja masyarakat menjelang dan selama Ramadan. 

Hasilnya, dari 1.300 responden survei, masyarakat paling banyak berbelanja barang fashion, gadget, elektronik rumah tangga, hingga furnitur. 

VP Brand & Marketing Strategy Home Credit Indonesia, Martha Grashiana mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat lebih melakukan pembayaran barang untuk mengelola cash flow.

"Responden memilih pembayaran barang dengan berbagai alasan terkait pengelolaan pengeluaran seperti mengelola keuangan pribadi, menyimpan uang untuk dana darurat serta mengelola uang untuk kebutuhan lainnya," kata Martha saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Menurutnya para konsumen lebih memilih pembayaran barang karena  banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan pembayaran salah satunya adalah banyaknya promo yang tersedia. 

Suvei Home Credit menunjukkan konsumen lebih memilih pembelian secara offline (54%) dan pembelian secara online (46%).

Martha menambahkan, saat ini Home Credit menggelar dua program selama Ramadan yaitu Promo Ngabuburit dan program CSR. 

Untuk Program Ngabuburit, Home Credit menyediakan ratusan hadiah menarik hingga emas 5 gram. Promo Ngabuburit dapat dikombinasikan dengan promo Home Credit lain seperti promo 0% dan bebas satu kali cicilan di lebih dari 23.00 toko mitra yang bekerja sama dengan Home Credit.

Sementara Program CSR sendiri merupakan program volunteer yang membuat kerajinan tangan bersama komunitas disabilitas yang berada di Kota Jakarta dan Bandung.

Cara Mengelola Keuangan

Dalam kesempatan yang sama, Perencanaan Keuangan sekaligus Contet Creator Annisa membagikan cara untuk mengelola keuangan yang baik.

Menurut Annisa, kemampuan mengelola keuangan sangat penting mengingat metode pembayaran sangat beragam, mulai dari tunai, pembiayaan, paylater, kartu kredit, dan sebagainya.

“Terlebih jika terdapat keterbatasan uang tunai atau kebutuhan untuk bisa dengan baik mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima menjelang lebaran," ucapnya.

Selain itu, Home Credit juga bekerja sama dengan Bank Jago untuk terus memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam mengelola keuangan serta memberikan edukasi keuangan.

Demi memberikan kenyamanan bagi para nasabah, Bank Jago menyediakan fitur Kantong (pockets) agar para nasabah bisa lebih teratur meng-kategorikan kebutuhannya.

"Ini memudahkan mereka untuk lebih bijak mengatur dana masuk dan keluar langsung dari kantong yang diinginkan agar tidak overspending khususnya di bulan Ramadan,” kata Merchant Business CVM Lead PT Bank Jago TBK, Yusuf Aria Putra.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait