URnews

Waspada! Ada Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter pada 11-13 Januari

Putri Nur Aisyah, Selasa, 11 Januari 2022 10.28 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Ada Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter pada 11-13 Januari
Image: Ilustrasi Gelombang Tinggi. (Foto: Pixabay/PDPhotos)

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini akan potensi gelombang tinggi pada Selasa (11/1/2022).

Peringatan dini ini berlaku sejak hari ini pukul 07.00 WIB hingga Kamis (13/1/2022) pukul 07.00 WIB.

Peringatan tersebut menyatakan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak ke arah Utara-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Sedangkan wilayah Indonesia bagian selatan didominasi bergerak dari arah Barat-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Jawa, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud dan Laut Arafuru," tulis BMKG dalam siaran pers resmi yang dikutip dari PMJ, Selasa (11/1/2022).

Perairan yang berpotensi gelombang sedang (1.25-2.50 m) adalah Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu-Enggano, Perairan Barat Lampung, dan Samudra Hindia Barat Sumaera.

Sedangkan terdapat wilayah-wilayah perairan dengan risiko gelombang tinggi (2.0-4.0 m), yaitu Laut Natuna Utara dan Perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna.

BMKG berharap semua orang memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapan ukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait