URnews

WHO Bakal Tutup Kantornya di Rusia

Putri Rahma, Selasa, 16 Mei 2023 13.05 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WHO Bakal Tutup Kantornya di Rusia
Image: World Health Organization (WHO)

Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana untuk menutup kantornya yang berada di Rusia. 

Keputusan tersebut diambil setelah anggota WHO di Eropa sepakat untuk menutup kantor regional mereka yang berada di Moskow.

Melansir Reuters, Selasa (16/5/2023), negara-negara anggota WHO Eropa telah mempertimbangkan dengan memindahkan kantor mereka demi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular di Rusia sejak tahun lalu.

Sejauh ini belum ada komentar resmi dari Misi Diplomatik Rusia di Jenewa terkait rencana WHO tersebut. 

Keputusan menutup kantor di Rusia sudah disepakati oleh jumlah anggota yang diperlukan. Kantor WHO di Rusia akan dipindah ke Kopenhagen, Denmark, paling lambat 1 Januari 2024.

Selain Denmark, Tajikistan yang dikenal sebagai sekutu Rusia juga berupaya untuk menjadi tempat relokasi kantor WHO. Namun keinginan Tajikistan ini tidak mendapat dukungan yang cukup. 

Penutupan kantor ini sebagai langkah politik untuk melanjutkan upaya Barat dalam mengisolasi Rusia akibat invasi mereka di Ukraina. 

Penutupan kantor diklaim tidak akan menimbulkan konsekuensi kesehatan bagi Rusia maupun kebijakan kesehatan secara global.

Adapun penyakit tidak menular seperti diabetes dan kanker dianggap penyebab utama kematian di wilayah WHO Eropa yang mencakup 53 negara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait