beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Ngabuburit Berfaedah, Yuk Eksplor Wayang Digital!

Afid Ahman,
sekitar 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ngabuburit Berfaedah, Yuk Eksplor Wayang Digital!
Image: istimewa

Jakarta - Ketimbang diisi dengan rebahan, yuk isi waktu ngabuburit dengan yang lebih berfaedah. Nah salah satunya mengeksplor wayang digital.

Google, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemprov DKI Jakarta berupaya melestarikan wayang. Ketiganya memboyong semua koleksi dari Museum Wayang Jakarta ke Google Arts & Culture.

“Sebagai salah satu Mahakarya Seni Bertutur dan Warisan Budaya Kemanusiaan Tak Benda atau Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity yang diproklamasikan oleh UNESCO, Wayang tidak hanya sekedar kesenian atau pertunjukkan.  Wayang adalah sebuah Ini adalah media refleksi untuk mewariskan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya. Ini adalah warisan penting yang dekat dengan hati kita yang perlu dilestarikan dan dirayakan,” ujar Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ada 106 buah wayang  yang ditangkap oleh teknologi 'Art Camera' dari Google, 12 pameran interaktif dari beragam jenis hingga busana yang dikenakan setiap Wayang yang khas dengan daerah asalnya.  

Kamu juga akan dibawa ke 3 tur street view yang dilengkapi dengan panduan audio, ditambah video tutorial tentang cara membuat wayang dari awal.

Nah untuk melihat semua itu kamu harus mengakses Google Arts & Culture melalui web di g.co/wayang. Atau bisa lewat aplikasi Google Arts & Culture (iOS dan Android).


foto: Google

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait