menu
user
URtainment

Nggak Bisa Bohong, Emosi Kamu Bisa Terbaca dari Bahasa Tubuh, Loh!

Itha Prabandhani,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nggak Bisa Bohong, Emosi Kamu Bisa Terbaca dari Bahasa Tubuh, Loh!
Image: Ilustrasi (Freepik)
Berita Terkait

    Jakarta - Sepandai-pandainya kamu menyimpan emosi, ekspresi wajah dan bahasa tubuh kamu nggak bakal bisa bohong, guys. Ekspresi wajah dan juga bahasa tubuh akan menunjukkan perasaan kamu sesungguhnya.  Meskipun tidak sangat kentara, tanda-tanda ini bisa dipelajari loh, guys.

    Untuk membantu kamu memahami perasaan orang lain yang terdalam, berikut beberapa bentuk ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang secara tidak sadar akan muncul seiring dengan perasaan seseorang.

    1. Mikro Ekspresi

    1593053094-mikro-ekspresi.jpgSumber: Ilustrasi (Freepik)

    Mikro ekspresi adalah ekspresi wajah yang terjadi sangat cepat dan dalam waktu singkat, yaitu sekitar 1/15 hingga 1/25 detik. Mikro ekspresi ini biasanya muncul saat kamu merasakan kemarahan yang mendalam, namun mencoba menahannya.

    Tandanya adalah alis kamu akan menurun dan keduanya saling mendekat membentuk garis yang hampir vertikal. Kedua buah bibir akan menyatu dan diikuti dengan lubang hidung yang melebar. Saat kamu melihat seseorang dengan ekspresi seperti ini, tandanya dia benar-benar sedang marah, guys.

    2. Kontak Mata

    1593053157-kontak-mata-pasangan.jpgSumber:  Ilustrasi (Freepik)

    Katanya, mata adalah jendela hati. Melalui mata, kita bisa melihat apa yang ada di dalam hati seseorang. Betul nggak, guys? Pupil atau lingkaran hitam pada mata lekat dengan mood dan perasaan kamu.

    Kalau kamu ingin mengetahui apakah lawan bicaramu antusias atau tertarik padamu, lihatlah perubahan pupilnya. Pupil yang membesar menandakan rasa ketertarikan atau suka. Sebaliknya, saat dia bosan, tidak tertarik, bahkan marah, pupilnya akan menyusut.

    3. Jabat Tangan

    1593053197-jabat-tangan-bersalaman.jpgSumber:  Ilustrasi (Freepik)

    Cara kamu menjabat tangan seseorang juga akan menunjukkan perasaan kamu loh, guys. Perhatikan cara kamu menjabat tangan, utamanya seseorang yang baru kamu kenal. Jabat tangan sering dikaitkan dengan kekuasaan dan dominasi. 

    Dalam konteks hubungan formal seperti bisnis atau politik, menjabat dengan kedua tangan akan diasosiasikan dengan menunjukkan otoritas akan orang lain. Namun, dalam hubungan yang kurang formal seperti pertemanan atau persaudaraan, menjabat dengan kedua tangan akan diartikan sebagai sikap ramah dan hangat.

    4. Gerakan Kaki

    1593053278-gerakan-kaki-duduk.jpgSumber:  Ilustrasi (Freepik)

    Gerakan kaki disebut-sebut sebagai indikator yang paling akurat untuk menandakan suasana hati seseorang. Saat kamu gugup atau cemas, secara tidak sadar kamu akan menggoyang-goyangkan kaki. 

    Konon, gerakan kaki ini adalah respons otak untuk membayangkan kamu melarikan dari situasi yang membuat kamu nggak nyaman itu, guys. Jadi, kalau kamu ingin memberi kesan bahwa kamu stabil dan tenang, pastikan bahwa kakimu ada di posisi nyaman dan rileks.

    5. Cara Berdiri

    1593053302-berdiri.jpgSumber:  Ilustrasi (Freepik)

    Berdiri dengan kaki yang terbuka lebar menandakan bahwa kamu nyaman dan percaya diri dalam situasi itu. Kamu juga ingin membuat ruang pribadi selebar posisi kaki kamu. Sebaliknya, berdiri dengan kaki rapat atau disilangkan, menandakan bahwa kamu kurang nyaman berada di sana dan tidak menikmati suasananya.

    Jadi, biar orang lain nggak salah paham denganmu, pastikan kamu mengungkapkan perasaan dengan bahasa tubuh yang tepat ya, guys!

    Komentar
    paper plane