menu
user
URstyle

Nggak Perlu ke Palembang, Bikin Mie Celor Sendiri di Rumah Yuk

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nggak Perlu ke Palembang, Bikin Mie Celor Sendiri di Rumah Yuk
Image: Mie Celor khas Palembang. (Ilustrasi/Instagram @enaknyong/Pinterest)

Palembang - Belum lama ini Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pamer salah satu menu makan siangnya, yakni Mie Celor khas Palembang. Hal tersebut ia bagikan di akun Instagram pribadinya, Rabu (24/2/2021) lalu.

"Seperti yang teman-teman instagram ketahui, saya, pencinta mie," kata Kanasugi Kenji.

"Makan mie celor Palembang sebagai menu siang hari ini. Mienya tebal dan sangat cocok dengan kuahnya yang kental. Saya menantikan makan mie berikutnya yang khas dari daerah di mana pun Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Resep Pizza Bomb Tanpa Oven, Wajib Kamu Coba!

1614237340-dubes-jepang-makan-mie-celor---IG-jpnambsindonesia.JPGDuta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji makan Mie Celor Palembang. (Instagram @jpnambsindonesia)

Postingan itu pun sontak membuat netizen jadi ngiler dan ingin mencicipi juga kuliner legendaris dari Palembang satu ini. Apa kamu juga salah satunya?

Tenang guys, kamu gak perlu jauh-jauh ke Palembang loh untuk mencicipi Mie Celor. Kamu bisa memasaknya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga. 

Untuk itu, kali ini Urbanasia akan membagikan resep Mie Celor Khas Palembang. Yuk simak bahan dan cara membuat Mie Celor, seperti dilansir dari Unilever Food Solutions:

Bahan:

200 gram mie telur
300 gram udang berukuran sedang, sishkan kulit dan kepalanya
100 gram taoge
3 butir telur rebus, potong-potong sesuai selera
Air panas secukupnya untuk mencelupkan mie telur dan taoge.
Perasan jeruk nipis, secukupnya

Bahan Kuah:

1,5 liter air
300 ml santan kental dari ½ buah kelapa
2 butir telur, kocok lepas
2 sdm tepung kanji, larutkan dengan 50 ml air
1 sdt air jeruk limau
Garam, gula, dan merica bubuk secukupnya

1614237349-Pinterest-Wira.jpegMie Celor khas Palembang. (Ilustrasi/Pinterest/Wira Nurmansyah)

Bahan Pelengkap:

6 batang kucai, iris halus
Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Masukkan udang yang telah dibersihkan ke dalam mangkuk, beri perasan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
2. Didihkan 1,5 liter air untuk membuat kaldu dari kepala dan kulit udang. Masak hingga air mendidih dan menyusut hingga 1,2 liter. Kemudian, saring kepala dan kulit udang untuk mendapatkan kaldu bening.
3. Didihkan lagi kaldu udang bening yang sudah disaring tadi. Campurkan santan kental, udang kupas, garam, gula, dan merica secukupnya. Aduk perlahan-lahan hingga mendidih.
4. Setelah kuah mie mendidih, masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk sebentar, lalu masukkan larutan tepung kanji secara perlahan. Oh iya Urbanreaders juga bisa menggantinyandengan tepung lain, seperti maizena atau terigu loh.
5. Sambil menunggu kuah mendidih, celupkan mie telur dan taoge ke dalam air mendidih. Lalu tiriskan.
6. Tata mie telur dan taoge di atas piring. Beri topping telur rebus yang sudah dipotong-potong.
7. Tuangkan kaldu udang yang sudah matang di atasnya. Kamu juga bisa tambahkan potongan udang di atas mie loh. Jangan lupa taburi bawang goreng secukupnya sebagai pelengkap dan sajikan selagi hangat.

Mudah, kan? Gimana Urbanreaders udah siap untuk langsung mencoba membuat Mie Celor sendiri di rumah? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait