beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Niat Puasa Arafah Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Niat Puasa Arafah Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
Image: Ilustrasi Al-Quran. (Freepik)

Jakarta - Allah menganjurkan umat muslim untuk berpuasa selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Dalam waktu 10 hari itu, ada yang dinamakan Puasa Arafah, seperti apa niat puasa Arafah?

Sebelum mencari tahu bagaimana niat puasa Arafah, kita perlu tahu dulu nih kenapa harus melakukan puasa sunah tersebut. Jadi puasa Arafah merupakan puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Karena puasa sunah, maka bila dikerjakan mendapat pahala, namun bila tak dikerjakan juga kamu tidak berdosa. Tapi alangkah baiknya bila kamu melaksanakan ibadah puasa ini, Urbanreaders. 

Soalnya ada dua keutamaan yang akan didapat seorang muslim bila melaksanakan puasa sunah ini, yakni dosanya selama dua tahun akan dihapus serta dibebaskan dari siksa neraka. Hal itu tertuang dalam hadis berikut ini:

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين 

Artinya: "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun" (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar). 

Niat Puasa Arafah

Setelah mendapat penjelasan singkat di atas, kamu perlu banget ya menjalankan puasa ini. Tapi, bagaimana niat puasanya?

Berikut niat puasa Arafah dalam bahasa arab, latin, serta artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala."

Puasa sunah ini jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah. Namun untuk pelaksanaan di Indonesia, ada dua versi nih waktu pelaksanaannya, yaitu versi pemerintah dan Muhammadiyah. 

Kalau mengikuti pemerintah, maka puasa Arafah dilaksanakan tanggal 9 Juli 2022. Tapi kalau kamu mengikuti Muhammadiyah, maka puasa Arafah dilaksanakan tanggal 8 Juli 2022. 

Itu dia Urbanreaders informasi seputar niat puasa Arafah dalam bahasa arab, latin, serta artinya.. Semoga bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait