beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Niat Puasa Rajab Beserta Arti dan Waktunya

Nivita Saldyni,
4 Februari 2022 09.22.53 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Niat Puasa Rajab Beserta Arti dan Waktunya
Image: Ilustrasi membaca niat puasa. (Freepik/garakta_studio)

Jakarta - Umat Islam di dunia tengah menyambut bulan Rajab. Menurut penanggalan Islam atau kalender Hijriah, 1 Rajab 1443 Hijriah jatuh pada Kamis (3/2/2022).

Nah bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan mulia karena termasuk dalam bulan haram. Hal ini menjadikannya bulan yang istimewa, sehingga umat Islam biasanya mengisi bulan ini dengan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan saleh, termasuk berpuasa.

Puasa di bulan Rajab sendiri hukumnya sunnah. Kamu bisa melakukannya kapan pun selama masih masuk bulan Rajab, namun makruh atau tidak boleh jika dilakukan selama satu bulan penuh.

Mengutip dari situs Nahdlatul Ulama (NU), puasa di bulan Rajab dianjurkan untuk dilakukan di hari-hari utama, seperti pada ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, dan 15 Februari 2022), hari Senin, Kamis, dan Jumat.

Kamu juga bisa melakukannya dengan satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Bahkan, kamu yang memiliki utang puasa Ramadan juga diperbolehkan untuk mengqadhanya bersamaan puasa sunnah Rajab, Guys.

Niat Puasa Rajab

Sebagaimana ibadah lainnya, seorang muslim diwajibkan untuk berniat terlebih dahulu dalam menjalankan puasa. Sebab, niat adalah syarat sah puasa.

Untuk itu, kamu juga harus membaca niat saat menjalankan ibadah puasa Rajab. Adapun lafal niat puasa Rajab ini adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.


Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Kamu yang ingin berpuasa Rajab, namun lupa membaca niat di malam hari, boleh membaca niat di siang harinya, kok.

Adapun niat tersebut bisa kamu baca dari pagi hari sampai sebelum tergelincirnya matahari (waktu zuhur), selagi belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Berikut niat puasa sunah Rajab di siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.


Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait