menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Novel Baswedan Bicara Soal Isu Pegawai KPK Tak Lolos Tes Kebangsaan

Nivita Saldyni,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Novel Baswedan Bicara Soal Isu Pegawai KPK Tak Lolos Tes Kebangsaan
Image: Novel Baswedan saat diwawancara tim Urbanasia. (YouTube Urbanasia)

Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan angkat bicara soal isu puluhan pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangasaan, termasuk dirinya. Sehingga muncul kabar bahwa mereka yang tak lolos ini bakal diberhentikan per 1 Juni 2021.

“Benar, saya dengar info tersebut,” kata Novel dalam keterangannya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/5/2021).

Ia menganggap tak lolosnya puluhan pegawai KPK, termasuk dirinya dalam proses alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) ini adalah upaya penyingkiran orang-orang berintegritas dari KPK. Bahkan menurut Novel ini bukan pertama kalinya, namun upaya yang telah lama dilakukan.

“Upaya untuk menyingkirkan orang-orang yang berintegritas dari KPK adalah upaya lama yang terus dilakukan,” imbuhnya.

Sementara hingga saat ini belum diketahui kebenarannya. Namun jika informasi ini benar adanya, kata Novel, ia tentu sangat terkejut.

“Tentu saya terkejut karena baru kali ini upaya tersebut justru dilakukan oleh pimpinan KPK sendiri,” pungkasnya.

Untuk Urbanreaders ketahui, sebanyak 1.349 pegawai KPK mengikuti tes tersebut. Tes ini merupakan syarat pengalihan pegawai KPK menjadi ASN, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 1 Tahun 2021 guys.

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (3/5/2021) lalu mengatakan bahwa pihaknya telah menerima hasil ‘assesment’ wawasan kebangsaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 27 April 2021. Namun ia mengaku hasilnya belum diketahui.

Ali pun memastikan KPK bakal segera menyampaikan hasil tes tersebut kepada publik. Hal ini sebagai bentuk transparansi.

Dilansir dari Antara, Sekjen KPK Cahya H. Harefa pun menegaskn bahwa hasil tes tersebut masih tersegel. Namun yang psti bakal segera diumumkan dalam waktu dekat ini. 

"Saat ini, hasil penilaian asesmen TWK (tes wawasan kebangsaan) tersebut masih tersegel dan disimpan aman di Gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK," pungkas Cahya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait