Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Novia Bachmid Pakai 8 Baju Adat di MV 'Wonderland Indonesia'

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Novia Bachmid Pakai 8 Baju Adat di MV 'Wonderland Indonesia'
Image: Novia Bachmid mengenakan baju Adat Riau. (Tangkapan layar kanal YouTube Alffy Rev)

Jakarta - Wonderland Indonesia persembahan dari komposer dan produser musik Alffy Rev masih menduduki peringkat pertama atau trending di YouTube. Dalam lagu ini, Alffy menggaet Novia Bachmid.

Selama proses syuting music video Wonderland Indonesia, dalam kanal YouTube Gritte Agatha, Novia mengatakan, ia dan Alffy syuting music video selama empat hari di Bali.

“Jadi, take vocal-nya di Bali. Terus keesokan harinya empat hari kami take video ganti baju kostum,” katanya dikutip Urbanasia, Selasa (24/8/2021).

Dalam pembuatan (MV) music video tersebut, Novia menyebut ada delapan baju adat daerah yang ia kenakan. Satu di antaranya adalah kostum untuk lagu Bagimu Negeri yang berwarna putih.

"Nah, dalam satu hari aku ganti baju daerah sebanyak empat kali, ya gila capeknya karena itu kan kostum daerah. Apalagi pakai aksesoris kepala yang berat dan gede-gede banget, yang berat itu dari Kalimantan, dari Bali, dari Riau,” lanjut Novia.

Berikut delapan kostum yang dikenakan Novia saat syuting MV Wonderland Indonesia yang telah dirangkum.

1. Baju Adat Riau

1629780497-novia-riau.pngNovia Bachmid mengenakan baju Adat Riau. (Tangkapan layar kanal Youtube Alffy Rev)

Saat menyanyikan lagu Soleram, Novia memakai baju adat Riau. Untuk wanita, baju adat ini dikenal dengan nama Kebaya Labuh yang memiliki ciri khas panjangnya kebaya hingga menutupi lutut dengan bentuk kebaya tampak lebar dan terbuka.

2. Baju Adat NTT

1629779027-novia-bachmid-sulawesi.jpgNovia Bachmid mengenakan baju Adat NTT. (Instagram @noviabachmid)

Dalam scene Anak Kambing Saya, Novia mengenakan baju adat khas daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikenal dengan nama Rote. 

Pakaian adat Rote terdiri dari sarung dengan bahan katun berwarna dasar hitam dan bermotif bunga serta geometris.kemudian selendang berwarna dasar coklat dengan motif bunga. Pada ujung pinggirnya terdapat rumbai-rumbai, namun ada pula ikat pinggang dari perak atau emas.

3. Baju Adat Bali

1629781043-novia-bali.pngNovia Bachmid mengenakan baju Bali. (Tangkapan layar kanal Youtube Alffy Rev)

Saat menyanyikan lagu daerah Bali yakni Jengger, Novia memakai pakaian adat Bali. Ada tiga pakaian Adat Bali, yaitu Payas Agung, Payas Madya, dan Payas Alit.

Dalam scene ini Novia memakai pakaian adat Bali bernuansa biru muda dengan aksesoris mulai kepala hingga kaki. Novia tampak cantik dan elegan.

4. Baju Adat Sumatera Barat

1629780775-novia-sumbar.pngNovia Bachmid mengenakan baju Minang, Sumatera Barat. (Tangkapan layar kanal Youtube Alffy Rev)

Dalam scene lagu Kampung nan Jauh di Mato, Novia memakai pakaian adat Sumatera Barat. Ia memakai baju adat Sumatera Barat bernuansa biru gelap lengkap dengan hiasan di kepala.

5. Baju Adat Sulawesi Utara

1629779012-novia-bachmid-riau.jpgNovia Bachmid mengenakan baju Adat Sulawesi Utara. (Instagram @noviabachmid)

Dalam scene lagu Si Patokaan, Novia mengenakan pakaian adat Sulawesi Utara berwarna merah muda lengkap dengan hiasan kepala. 

Urbanreaders, perlu kalian ketahui, jika Laku Tepu merupakan pakaian adat Provinsi Sulawesi Utara yang berasal dari Suku Sangihe Talaud. Pakaian adat tersebut dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Biasanya dipakai saat upacara adat Tulude yang merupakan warisan nenek moyang yang ditradisikan secara turun-temurun.

6. Baju Adat Papua

1629781520-novia-papua.pngNovia Bachmid mengenakan baju adat Papua. (Tangkapan layar kanal Youtube Alffy Rev)

Novia tampak cantik dalam mengenakan baju adat Koteka yang berasal dari Papua. Kulit eksotis dan cantiknya gadis asal Sulawesi Utara ini. 

7. Baju Adat Jawa Barat

1629779019-novia-bachmid-jawa.jpgNovia Bachmid mengenakan baju Adat Jawa. (Instagram @noviabachmid)

Dalam scene lagu Manuk Dadali, Novia mengenakam baju Adat Jawa Barat bernuansa emas dan pink yang membuatnya manglingi karena paras cantiknya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait