menu
user
URnews

Pabrik Baru Frisian Flag di Cikarang: Modern dan Ramah Lingkungan

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pabrik Baru Frisian Flag di Cikarang: Modern dan Ramah Lingkungan
Image: Seremoni Groundbreaking untuk dimulainya pembangunan pabrik FFI di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Frisian Flag)

Jakarta – Telah memiliki dua pabrik di Pasar Rebo dan yang kedua di Ciracas Jakarta Timur, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kini membangun pabrik baru yang direncanakan rampung dan siap beroperasi di tahun 2023.

Groundbreaking telah dilakukan pada 9 Maret 2021 sebagai tanda dimulainya pembangunan di atas lahan seluas 25.4 hektar yang berlokasi di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Pembangunan pabrik baru di Indonesia ini menurut presiden direktur PT Frisian Flag Indonesia Maurits Klavert menjadi wujud komitmen FFI kepada masyarakat Indonesia sebagai merek yang telah telah dekat di hati keluarga Indonesia hampir 100 tahun lamanya. 

Investasi dengan nilai Rp 3,8 T untuk pembangunan pabrik baru mulai direalisasikan dan menjadi ekspresi kepercayaan perusahaan kepada pemerintah Indonesia. 

“Investasi ini merupakan terobosan besar dan bersejarah bagi FFI dalam rangka mewujudkan komitmen kami untuk menyediakan produk susu bergizi dan terjangkau bagi keluarga Indonesia,” kata Maurits Klavert dalam sambutannya dikutip dari siaran resmi, Rabu (10/3/2021).

Untuk memperkuat komitmennya, FFI  juga menerapkan teknologi modern di pabrik Cikarang dengan membangun infrastruktur pendukung yang ramah lingkungan. FrieslandCampina mengusung misi Nourishing a Better Planet dan secara aktif menjaga kelestarian lingkungan di manapun.

“Kami melakukan terobosan teknologi dan inovasi seperti penggunaan Biomass Boiler untuk menghasilkan tenaga uap, pengelolaan air di dalam lingkungan pabrik melalui fasilitas Waste water Recycling, serta menggunakan system atap Solar Panel untuk memanfaatkan sinar matahari,” ujar Maurits.

Uap, air, dan panas matahari dikelola mandiri  yang menjadi sumber energi untuk operasional pabrik. Pendekatan ini juga sudah dilakukan di dua pabrik FFI terdahulu, dan akan ditingkatkan pemanfaatannya di pabrik yang baru.

“Hasilnya adalah energi terbarukan yang membantu kami mengurangi emisi karbon hingga 45%,” tambah Maurits.

Pabrik baru PT Frisian Flag Indonesia Cikarang ini juga akan memiliki fasilitas produksi atau pengolahan produk susu cair siap minum dan susu kental manis yang juga akan di ekspor ke beberapa negara tetangga, sentra logistik dan distribusi, serta perkantoran yang ramah lingkungan.

Dengan berkembangnya usaha, perusahaan juga akan meningkatkan penyerapan susu segar dalam negeri yang dipasok oleh belasan ribu peternak sapi perah rakyat di tanah air dan peningkatan kerjasama dengan para mitra bisnis baik para pemasok maupun ratusan mitra distributor yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. 

“Langkah ini juga mendukung upaya PT Frisian Flag Indonesia untuk terus menyediakan produk susu bergizi dan terjangkau dalam upaya membangun keluarga kuat dan mendukung peningkatan status gizi jutaan keluarga Indonesia, tutup Maurits.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait