menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Pacar Suka Bohong? Ternyata, Ini Alasannya Kata Ahli

Riliv,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pacar Suka Bohong? Ternyata, Ini Alasannya Kata Ahli
Image: Alasan pacar suka berbohong (Pexels/Vera Arsic)

Jakarta - Dear, seberapa sering kamu mengetahui pasanganmu berbohong? Atau akhir-akhir ini pacar kamu suka bohong? Dan karena kebohongannya itu, hubungan kalian jadi terganggu? Apa sih sebenarnya alasan pacar suka bohong?

Pada dasarnya, manusia sendiri seringkali berbohong. Menurut penelitian, rata-rata manusia berbohong 1,65 kali setiap harinya. Mereka yang berbohong cenderung mengetahui bahwa berbohong adalah tindakan tidak baik dan berbuah masalah, apalagi dalam hubungan. 

Ternyata, ada penjelasan ilmiah dibalik kenapa pasangan atau seseorang suka berbohong walaupun tau efek samping yang ditimbulkan lho! 

Berikut ini, Riliv jabarkan apa saja alasan pacar suka berbohong menurut para ahli!

1. Salah satu alasan pacar suka bohong yang mungkin tidak kamu sadari: ingin mengontrol

1619752151-3.-Kebohongan-menumpuk.jpgSumber: Alasan pacar suka berbohong (Pexels/Vera Arsic)

Beberapa orang merasa ketika mereka sedang berbohong, mereka dapat mengontrol kejadian atau situasi yang sedang mereka alami.  Mereka ingin mengontrol bagaimana pasangan mereka akan bereaksi sesuai dengan yang mereka inginkan. 

Ketika pacarmu suka berbohong, mungkin karena ia ingin memegang kontrol akan dirimu dan situasi di dalamnya. Kebenaran bisa menjadi tidak menyenangkan atau tidak mengenakkan untuk dirinya ataupun dirimu. Maka dari itu, pasanganmu berbohong.

2. Ada alasan mereka tidak ingin mengecewakanmu dibalik pacar yang suka bohong

Ada argumen bahwa berbohong untuk kebaikan tidak apa-apa. Pasanganmu mungkin merasa apabila ia tidak berbohong dan mengatakan kejujuran dan kenyataannya, kamu akan kecewa atau marah dengannya. 

Menurut ahli, orang yang mengatakan kebohongan setelah sebelumnya mengatakan kebohongan juga, lebih khawatir orang-orang akan kehilangan respect dan tidak percaya dengan kata-katanya lagi.

Orang yang berbohong ini ingin membuat orang-orang menyukainya. Maka dari itu, mereka suka berbohong untuk menghindari penolakan dari orang lain.

3. Kebohongan yang lama-lama menumpuk

1619752373-5.-Ingin-kebohongan-jadi-kebenaran-(Photo-by-Budgeron-Bach-from-Pexels).jpgSumber: Alasan pacar suka berbohong (Pexels/Budgeron Bach)

Kebohongan-kebohongan kecil yang disembunyikan oleh pasanganmu lama-lama akan menjadi banyak karena ditumpuk oleh kebohongan lain.

Pada dasarnya, berbohong itu tidak akan berhenti layaknya kebiasaan. Ketika kamu berbohong akan satu hal, kamu akan terus berbohong kedepannya untuk menutupi kebohongan kamu sebelumnya.

Pasanganmu suka berbohong karena dia merasa tidak bisa berhenti untuk menutupi kebohongan-kebohongan dirinya sebelumnya.  Dia harus menutupi kebohongan sebelumnya karena takut kamu tidak percaya lagi kepadanya.

4. Pacar suka bohong, tapi menurut mereka, mereka tidak berbohong

Untuk orang yang suka berbohong, melihat atau mengingat lagi kejadian dulu menjadi kabur. Mereka tidak bisa membedakan mana ingatan yang memang benar terjadi atau hanya kebohongan yang mereka buat. 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ingatan kita dipengaruhi oleh banyak hal, yang berubah seiring waktu, dan pada dasarnya direkonstruksi setiap kali kita berusaha mengingatnya. Seringkali orang yang suka berbohong merasakan begitu banyak tekanan sehingga ingatan mereka tidak dapat diandalkan.

Untuk kasus yang lebih parah, mereka bisa membuat dunia alternatif di kepala mereka yang membenarkan momen-momen ingatan mereka sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan mereka.

Pasanganmu mungkin merasa bahwa dia tidak berbohong karena ingatannya itu. Dia percaya bahwa saat kamu mengungkit kebohongannya, saat itu dia tidak berbohong melainkan jujur kepadamu.

5. Mereka ingin kebohongannya menjadi kebenaran

1600139128-menolak-halus3.jpgSumber: Ilustrasi pacaran (Freepik)

Alasan seseorang sering berbohong karena ia ingin kebohongannya itu menjadi kebenaran untuknya, makanya dia menghindari berbicara jujur.

Pasanganmu berbohong karena ingin mengubah hal itu menjadi kebenaran. Pembohong cenderung mengatakan kebohongannya berkali-kali, karena berharap bahwa kebohongan itu akan menjadi kebenaran.

Nah Dear, itu tadi 5 alasan ketika pacar suka bohong. Tapi, walau bagaimanapun, berbohong tetap merupakan sesuatu yang tidak baik ya, Dear, apapun alasannya. Ketika kamu memergoki pacarmu berbohong, komunikasikan dengannya baik-baik. Ingat, komunikasi dalam hubungan adalah sesuatu yang sangat penting.

Jika kamu dan pasanganmu butuh seseorang untuk membantu kalian, kamu bisa meminta bantuan pada psikolog. Kamu bisa menghubungi psikolog melalui aplikasi Riliv kapanpun dan dimanapun!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait