Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Pakar Kuliner UGM: Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng

Nivita Saldyni,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pakar Kuliner UGM: Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng
Image: Ilustrasi nasi goreng. Sumber: Pixabay/takedahrs

Yogyakarta - Nasi goreng adalah salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Kuliner satu ini sangat populer dan disukai oleh semua kalangan.

Tapi siapa sangka, Indonesia ternyata memiliki ratusan jenis nasi goreng yang tersebar dari berbagai daerah loh. Fakta tersebut diungkapkan oleh pakar kuliner nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dwi Larasatie Nur Fibri.

"Setidaknya ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusur daerah asalnya," kata Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM ini dikutip dari laman UGM, Sabtu (17/7/2021).

Beberapa jenis yang cukup populer di antaranya ada Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Mawut, dan masih banyak lagi lainnya. Kalau Urbanreaders pernah makan nasi goreng apa aja nih?

1626518657-nasgor-Pixabay---ShenXin.JPGSumber: Ilustrasi nasi goreng. Sumber: Pixabay/ShenXin

Sementara Dwi sendiri menyebut, nasi goreng adalah salah satu kuliner unggulan Indonesia selain sate, soto, rendang, dan gado-gado yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Cita rasanya yang mendunia, membuat nasi goreng bisa diterima secara global.

Keberadaan berbagai jenis nasi goreng di Indonesia, kata Dwi, menjadikan keunikan tersendiri. Sebab hal ini akan mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba jenis ragam lainnya. 

"Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya," jelas Dwi.

Bahkan, nasi goreng juga jadi jawaban dari permasalahan stok nasi di rumah yang sering tak habis. Tinggal diolah dengan bumbu-bumbu seadanya yang ada di rumah, nasi sisa pun bisa disulap jadi nasi goreng yang nikmat.

Melihat potensi luar biasa dari nasi goreng, Wakil Direktur Bidang Pelatihan, Pendidikan, dan Penelitian  Indonesian Gastronomy Community, Dr. Endang Suraningsih, M.M., M.Psi., menyampaikan bahwa Indonesia perlu roadmap kuliner dengan konsep yang jelas untuk menjawab tantangan dan menjadikan nasi goreng Indonesia dengan cita rasa mendunia yang dikenal dan dicintai masyarakat dunia.

"Nasi goreng ini makanan yang adaptif dan bisa menyesuaikan dimana berada sehingga dapat dikembangkan dengan mudah. Namun begitu, pengembangannya tetap harus menjunjung tinggi jati dirinya sebagai makanan khas Indonesia," pungkasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait