beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Pandemi Masih Berlangsung, 354 Mahasiswa UGM Ikuti KKN Online

Nivita Saldyni,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pandemi Masih Berlangsung, 354 Mahasiswa UGM Ikuti KKN Online
Image: Ilustrasi penerjunan mahasiswa KKN UGM (Sumber : Humas UGM)

Yogyakarta - Pandemi corona tak menghentikan semangat 354 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mulai 4 Mei lalu, sebanyak 354 mahasiswa itu telah menjalankan KKN Peduli COVID-19 secara online.

Mereka tersebar di 18 desa yang berada di wilayah DIY, diantaranya Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul, dan Kotamadya Yogyakarta.

KKN Peduli COVID-19 yang digelar online ini bukan yang pertama kalinya lho, melainkan telah memasuki periode ke-6. Menurut Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Irfan D. Prijambada, kegiatan ini dilakukan sejak mewabahnya COVID-19 di Indonesia.

"Karena tidak memungkinkan dalam kondisi sekarang untuk mahasiswa ke lapangan dan tinggal di tempat KKN selama dua bulan, pelaksanaan dilakukan secara daring dari kos atau rumah masing-masing mahasiswa," kata Irfan di Yogyakarta, dalam keterangan resmi yang diterima Urbanasia, Kamis (7/5/2020).

Irfan menegaskan bahwa selama masa KKN online, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dengan tema edukasi, sesuai penempatan mereka masing-masing.

Secara umum, tema yang diusung dalam KKN Peduli COVID-19 UGM ini adalah ketahanan kesehatan. Mahasiswa yang menjalani KKN harus fokus mengedukasi masyarakat, mulai dari pengenalan, penanganan, pencegahan, hingga langkah mitigasi COVID-19.

"Sekarang ini mahasiswa diarahkan untuk terus menyampaikan informasi-informasi yang benar terkait COVID-19 ke masyarakat, berperang melawan hoaks," katanya.

Nah hal ini penting agar masyarakat bisa tahu dan paham situasi yang tengah dihadapinya saat ini. Selain mengedukasi, mahasiswa KKN Peduli COVID-19 juga diwajibkan membantu masyarakat desa dalam menyiapkan perekonomian masyarakat pasca pandemi corona. Sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih siap ke depannya.

Untuk untuk periode KKN berikutnya, Irfan mencatat sekitar 4.300-an mahasiswa dengan sebaran pelaksanaan KKN hampir merata setiap provinsi Indonesia akan kembali mengikuti KKN online. Hal ini dilakukan hingga pandemi corona berakhir.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait