beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Panduan Wisata ke Curug Cikaso, Air Terjun Cantik di Sukabumi

Priscilla Waworuntu,
7 September 2022 13.22.48 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Panduan Wisata ke Curug Cikaso, Air Terjun Cantik di Sukabumi
Image: PIXABAY/iqbalnuril

Jakarta - Baru-baru ini viral di TikTok soal salah satu tempat wisata di kawasan Sukabumi nih. Nah buat kamu yang mau ataupun lagi berlibur ke daerah Sukabumi, bisa banget loh berkunjung ke sini.

Wisata ini adalah salah satu wisata alam nih, namanya adalah Curug Cikaso tepatnya ini berada di Selatan Kabupaten Sukabumi. Awalnya curug atau air terjun ini bernama Curug Luhur, namun karena aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso akhirnya dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Rute Menuju Curug Cikaso 

Kalau kamu berasal dari Jakarta, kamu akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar 4 jam. Supaya perjalananmu tidak membosankan, kamu dapat mengambil rute Ciletuh Sukabumi. Sepanjang perjalanan kamu akan menyaksikan area perbukitan dan juga pantai. Keadaan jalan memang berkelok-kelok tetapi kondisi jalannya sangat mulus, sehingga mudah untuk dilalui.

Nantinya kamu akan dihadapkan pada dua jalur, yang pertama ialah melalui jalur loji dengan view pantai yang indah. Dan yang kedua ialah melalui jalur Pelabuhan Ratu dengan view perbukitan. 

Setelah tiba di area parkir Curug Cikaso, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menyebrangi sebuah sungai menggunakan sebuah perahu dengan waktu tempuh sekitar 2 menit saja. Dilanjutkan berjalan kaki sebentar hingga akhirnya kamu tiba di area Curug Cikaso.

Nah untuk kamu yang mungkin mau menggunakan alternatif lain, kamu bisa juga nih berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km untuk mencapai Curug Cikaso ini. 

Tarif Masuk dan beberapa biaya yang perlu disiapkan: 

Parkir mobil sebesar Rp15.000,-
Parkir motor sebesar Rp 10.000,-
Tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang
Sewa perahu Rp 65.000/perahu pulang pergi, dan dapat menampung maksimal 10 orang

Agar lebih hemat, jika kamu datang kurang dari 10 orang sebaiknya bergabung dengan pengunjung yang lainnya. Jam operasionalnya sendiri Curug Cikaso ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. 

Buat kamu yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih keistimewaan Curug Cikaso? Ini dia!

Curug Cikaso ini memiliki 3 titik aliran air terjun nih. Airnya mengalir melalui tebing yang tinggi, dengan hiasan tumbuhan hijau di sekitarnya. Terlihat sangat megah, aliran airnya pun cukup deras dan sangat jernih sekali. Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan lebar tebing mencapai 100 meter.

Di sekitar aliran Curug Cikaso terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas, dengan memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Karena aliran airnya cukup deras, sehingga pengunjung dilarang berenang mendekati curahan airnya.

Daya tarik selanjutnya adalah buat kamu yang ingin berwisata dengan suasana alam, di Curug Cikaso ini ada juga loh. Curug Cikaso menawarkan tempat yang masih asri banget nih, cocok banget deh buat kamu yang mau healing dengan suasana alam. 

Mitos Curug Cikaso

Di balik pemandangannya yang indah, Curug Cikaso juga tak lepas dari mitos yang terdapat di dalamnya. Mitos yang berkembang ialah berkaitan dengan tiga aliran air yang ada, yang memiliki nama-nama yang berbeda. Yakni Curug Aseupan di sebelah kiri, Curug Meong di tengah, dan Curug Aki di sebelah kanan.

Dipercaya ketiga curug atau air terjun tersebut memiliki penunggunya, yakni:

Curug Aseupan tempat bersemayamnya Nyi Blorong
Curug Meong merupakan tempat bersemayamnya Eyang Santang
Prabu Siliwangi merupakan penunggu dari Curug Aki

Mitos tersebut telah berkembang sejak lama dan terus ada hingga saat ini, hal tersebut memang belum dibuktikan kebenarannya. Namun yang pasti, kita harus selalu menghargai dan menghormati kisah-kisah yang berkembang di tempat yang kita tuju.

Alamat: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berada di Selatan Kabupaten Sukabumi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait