menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pangeran Philip Meninggal, Banjir Ucapan Duka dari Tokoh Publik

Eronika Dwi,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pangeran Philip Meninggal, Banjir Ucapan Duka dari Tokoh Publik
Image: Pangeran Philip. (Steve Parsons/POOL/AFP)

Jakarta - Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Hari ini, Jumat (9/4/2021) Duke of Edinburgh, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Istana Buckingham merilis pernyataan pada pukul 12:00 waktu setempat (21:00 AEST), yang membenarkan bahwa Pangeran Philip meninggal 'dengan damai' pada Jumat (9/4/2021) pagi.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," bunyi pernyataan itu.

Pengumuman tersebut juga menyebut, keluarga kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," tambah pernyataan tersebut.

Pria yang menemani Ratu Elizabeth II tersebut diketahui dirawat di rumah sakit sejak beberapa tahun terakhir.

Pada 1 Maret, Pangeran Philip dipindahkan ke rumah sakit St Bartholomew, London, yang mana tes dilakukan pada kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya. Prosedur untuk kondisi itu berhasil dilakukan pada 4 Maret. Namun, akhirnya meninggal pada 9 April 2021.

Berbagai ucapan duka terlihat dari sejumlah tokoh publik untuk ayah dari Pangeran Charles itu. 

"Pikiran saya bersama rakyat Inggris dan Keluarga Kerajaan tentang meninggalnya HRH Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Dia memiliki karir yang cemerlang di militer dan berada di garis depan dengan banyak inisiatif mengenai layanan masyarakat. Semoga jiwanya istirahat dalam damai," tulis Perdana Menteri India, Narendra Modi. 

"Pemerintah & rakyat Taiwan menyampaikan belasungkawa terdalam atas wafatnya Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II, keluarga kerajaan, & rakyat Inggris Raya. Semoga ia beristirahat dalam damai," cuit akun resmi Kementerian Luar Negeri, Republik Tiongkok (Taiwan). 

"Kami adalah kerajaan yang bersatu baik dalam kesedihan dan rasa syukur: kesedihan atas kepergian Pangeran Philip. dan terima kasih atas pengabdiannya yang tanpa pamrih selama puluhan tahun kepada negara," ujar Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. 

"RIP Prince Philip, 99. Seorang Inggris yang benar-benar hebat yang mengabdikan hidupnya untuk tugas publik tanpa pamrih & memberi dukungan setia kepada Yang Mulia, Ratu, sebagai permaisuri terlama yang melayani kedaulatan Inggris. Hari yang sangat menyedihkan bagi negara kita. Terima kasih, Tuan," komentar presenter Piers Morgan. 

"Saya pergi makan siang pribadi dengan Ratu di Istana Buckingham beberapa tahun yang lalu. Mereka berdua berusia 80-an dan Pangeran Philip dan dia saling menggoda dan tertawa. Mereka adalah cinta dan pernikahan lebih dari 73 tahun. Saya turut berbela sungkawa," kata presenter Carol Vorderman. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait