beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pejabat India Masuk RS Usai Minum Air Sungai Kali Bein yang Dianggap Suci

Itha Prabandhani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pejabat India Masuk RS Usai Minum Air Sungai Kali Bein yang Dianggap Suci
Image: Tangkapan layar Twitter/ashoswai

Jakarta - Kepala Menteri Punjab, Bhagwant Mann, dikabarkan masuk Rumah Sakit (RS) setelah sebelumnya minum air Sungai Kali Bein yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Mann dilarikan ke Rumah Sakit Apollo Indraprashta di Delhi, India, setelah mengeluhkan sakit pada bagian perutnya.

Melansir Hindustan Times, Mann dibawa ke Rumah Sakit pada Rabu pagi. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter menyatakan adanya infeksi di perut Mann.

Hingga kini, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah setempat yang menyebutkan penyebab sakitnya Mann berhubungan dengan air Kali Bein yang diminumnya. Meskipun demikian, beredar spekulasi dan kekhawatiran bahwa Mann jatuh sakit setelah minum air sungai yang diduga tercemar.

Sebelum sakit, Mann sempat menghadiri acara peringatan 22 tahun pembersihan Sungai Kali Bein yang berada di daerah Sultanpur Lodhi, pada hari Minggu (17/7/ 2022).

Dari video yang beredar di media sosial, tampak Mann mengambil segelas air Sungai Kali Bein menggunakan gelas plastik dan meminumnya sampai habis. Video tersebut salah satunya diunggah oleh seorang profesor dari Uppsala University Swedia, Ashok Swain.

“Kepala Menteri Punjab secara terbuka minum segelas air tercemar dari sungai 'suci' untuk membuktikan air itu bersih. Sekarang dia ada di rumah sakit,” cuit Ashok Swain, melalui akun Twitternya @ashoswai, pada Kamis (21/7/2022).

Setelah dirawat di Rumah Sakit selama sehari, Mann akhirnya diperbolehkan pulang pada hari Kamis.

Dilansir dari Indian Express, Kali Bein di Sultanpur Lodhi merupakan sungai yang sangat penting bagi agama dan sejarah Sikh. Tempat ini dianggap suci karena Guru pertama, Nanak Dev, disebut telah mendapatkan pencerahan di sini.

Ketika Guru Nanak Dev tinggal di Sultanpur Lodhi bersama saudara perempuannya Bebe Nanki, dia biasanya mandi di Kali Bein. Pada suatu hari, Nanak Dev dikabarkan menghilang di dalam air, dan akhirnya muncul setelah tiga hari. Hal pertama yang dia lakukan adalah mendaraskan ‘Mantra Mool’ dari agama Sikh.

Kondisi Kali Bein sendiri tercemar limbah dari saluran pembuangan yang mengalir ke sungai dari 73 desa di tiga wilayah di sekitarnya. Pemerintah India pun akhirnya memulai proyek pembersihan sungai tersebut pada tahun 2.000, dengan membangun bendungan besar di tiap desa, untuk menampung air limbah. Air limbah tersebut kemudian akan diproses agar bisa dimanfaatkan untuk irigasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait