beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Makanan India yang Mendunia, Samosa hingga Tikka Masala

Griska Laras,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Makanan India yang Mendunia, Samosa hingga Tikka Masala
Image: Accha

Jakarta - Kuliner khas India sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Selain menawarkan kelezatan, makanan hindustan diracik dengan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan.

Di Indonesia, makanan India cukup digemari karena memiliki banyak kemiripan rasa dengan beberapa kuliner Tanah Air. Terutama makanan khas Sumatera yang banyak menggunakan santan dan rempah seperti gulai. 

Salah satu makanan negeri Bollywood yang terkenal adalah nasi biryani. Hidangan ini menggunakan beras basmati yang dimasak dengan beragam bumbu.

Sebagai pendamping, nasi biryani disajikan dengan olahan ayam, sayuran, hingga daging kambing sebagai pendamping. 

Selain Biryani, berikut beberapa makanan India lain yang populer di Indonesia. 

1. Tikka Masala

Tikka masala merupakan hidangan ayam bakar yang disiram dengan kuah kari kental. Sebelum dipanggang, potongan ayam dimarinasi dengan yoghurt, rempah-rempah, dan garam masala.

Makanan ini biasanya disantap dengan nasi putih hangat.

Selain populer di India, hidangan ini juga populer di Britania Raya dan Amerika Serikat. 

2. Chicken Manchurian 

Makanan ini bukan berasal dari Manchuria sebagaimana namanya. Chicken Manchurian merupakan hidangan yang memadukan bumbu-bumbu Indo-Cina. 

Populer di India dan Pakistan, hidangan teraebut terbuat dari potongan ayam yang digoreng garing dan dilumuri saus tomat, jahe, cabai hijau, dan cuka yang memberikan cita rasa pedas, manis, asam. 

Selain ayam, hidangan ini juga hadir dalam versi sayuran, seperti Veg Manchurian atau Paneer Manchurian. 

3. Butter Chicken 

Secara tampilan butter chicken mirip dengan tikka masala, tetapi lebih creamy dan kaya rempah. Makanan yang secara lokal dikenal dengan nama murgh makhani ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan saus tomat.

Butter chicken juga memiliki cita rasa yang lebih gurih karena menggunakan cukup banyak mentega. 

4. Naan 

Selain hidangan utama, kudapan dari negeri Bolywood juga sudah familiar di Indonesia, salah satunya naan. 

Roti pipih dan bulat ini memiliki rasa gurih karena dibumbui dengan bawang putih.

Selain sebagai camilan, Naan juga bisa dimakan sebagai pendamping hidangan utama pengganti nasi.

5. Samosa

1658477572-Samosa-Series-dari-Accha.jpgSumber: Accha

Kudapan lain yang digemari pecinta makanan India adalah Samosa. Bentuknya sekilas mirip pastel, tapi tanpa gerigi di pinggirnya. 

Samosa terbuat dari dasar pastry yang diberi berbagai macam isian, seperti kentang, kacang hijau, racikan kismis spesial, hingga daging cincang. Rasanya gurih dan kaya remoah karena dibumbui dengan jinten dan kunyit.

Meski sudah populer, makanan India masih cukuo sulit ditemukan di Indinesia. Menu-menu seperti naan, butter chicken, chicken manchuria, hingga chai hanya bisa ditemukan di restoran atau mal besar.

Melihat hal ini, ACCHA – jenama makanan India yang bernaung di bawah perusahaan kuliner multi-brand Hangry, menawarkan ragam sajian khas negeri barata yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia dan mudah mudah ditemukan di mana saja. 

“Banyak orang di Indonesia yang dapat menikmati makanan khas Padang dan itu dapat dikonsumsi secara luas, baik dari segi wilayah maupun usia. Jika diperhatikan, makanan khas Padang memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas India, misalnya kari. Tetapi, fakta bahwa makanan India belum dinikmati secara luas seperti makanan Padang walaupun memiliki kemiripan, menjadi sesuatu yang mengejutkan untuk kami,” kata Co Founder Accha Yohan Andrean Suryadinata. 

Pada bulan Juli , Accha memiliki berbagai promo menarik mulai dari potongan harga sampai dengan 30 persen, paket bundling aneka menu dengan snack, gratis upsize untuk menu Rice Bowl dan Naan Combo. 

Kamu bisa menikmati promo ini di 19 outlet Accha yang terletak di Cipinang, Cikini, Citra 2, Pondok Aren, Margonda, Grogol, Fatmawati, Setiabudi Timur, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Gading Serpong, Bekasi (Grand Galaxy), Tebet, Pluit, Cibubur, BSD, Pademangan (Mabes), Bandung (Cicendo) dan Pelaspas Nipah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait