Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pemerintah Cina Hapus Aplikasi Alquran dari App Store, Kenapa?

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Cina Hapus Aplikasi Alquran dari App Store, Kenapa?
Image: Ilustrasi Al-Quran (Pixabay/Tayeb MEZAHDIA)

Cina - Apple dilaporkan telah menghapus aplikasi Al Quran yang populer di Cina dari App Store. 

Aplikasi tersebut bernama Quran Majeed, banyak digunakan untuk membaca sekaligus mendengarkan Al Quran bagi pengguna iOS di Cina.

Penghapusan aplikasi tersebut bukan dari keinginan Apple sendiri. Ternyata atas permintaan pemerintah Cina. 

Tentunya ini sangat mengejutkan sebab Islam merupakan salah satu agama yang dilindungi oleh negara Cina.

Aplikasi Quran Majeed dapat diunduh secara gratis. Menurut pengembangnya, Pakistan Data Management Services, aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 35 juta muslim di seluruh dunia.

Menanggapi penghapusan aplikasinya, Pakistan Data Management Services menyebut memastikan tidak ada hubungannya dengan agama atau isu keagamaan. 

”Apple mengatakan kepada kami bahwa aplikasi Quran Majeed dihapus di Apple App Store karena berisi konten yang ilegal,” terangnya.

Sebab itu Pakistan Data Management Services mengaku tengah berupaya berkoordinasi dengan dengan Administrasi Ruang Siber Cina untuk menyelesaikan permasalah tersebut. 

Apple sendiri telah memberi tanggapan terkait persoalan ini. 

”Kami diwajibkan untuk mematuhi undang-undang setempat. Terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setuju dengan pemerintah dan pemangku kepentingan. Dengan adanya dialog, kami mencoba menemukan solusi yang paling sesuai dengan pengguna kami. Termasuk dalam hal privasi mereka, kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri, dan akses mereka ke informasi yang andal dan teknologi yang membantu,” ungkap Apple seperti dikutip dari The Verge. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait