beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Pemerintah Gandeng Kampus Kembangkan Kendaraan Listrik

Fitri Nursaniyah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Gandeng Kampus Kembangkan Kendaraan Listrik
Image: Griska Laras/Urbanasia

Jakarta - Kendaraan listrik kini bisa juga dimanfaatkan oleh industri aviasi. Hal ini disampaikan Direktur Utama Garuda Maintenance Facility (GMF) Andi Fahrurrozi saat menghadiri seminar dan talkshow 'Peran Pemerintah dan BUMN dalam Mendukung Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)' pada pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, Minggu (27/7/2022).

Di industri aviasi, Electric Vehicle (EV) dimanfaatkan untuk mengangkut bagasi (Baggage car) atau mendorong pesawat (push back tug). Baggage car dan push back tug kini diganti menjadi berbasis listrik. Tujuannya untuk menghemat bahan bakar, mengurangi CO2, dan mengurangi insiden.

Unit kendaraan listrik push back tug, material handling, serta automatic guided vehicle, ini tengah dikembangkan GMF bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Bandar Lampung (UBL).

“Kita telah bekerjasama dengan berbagai universitas dan kita fasilitasi ketika mereka mau melakukan penelitian, dan kita ajukan proposal bersama antara GMF dengan pihak kampus. Saat ini, beberapa proposal kita telah disetujui dan mendapat pendanaan dari Kemendikbudristek," ujar Andi.

Menanggapi kesiapan infrastruktur keberadaan kendaraan listrik di Indonesia, PLN bertanggung jawab untuk menyediakan sarana tempat pengecasan mobil atau motor listrik.

“Strategi penyediaan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik yang dipersiapkan PLN adalah menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Kita sudah menyediakan charging station ada di 100 lebih SPBU. Disitu ada supply listrik untuk mobil, motor, dan lainnya. Untuk tahun 2022, PLN akan menambahkan pembangunan SPKLU PLN sebanyak lebih dari 110-unit EV Charger yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Executive Vice President PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Hikmat Drajat.

Adapun peta jalan Nasional ekosistem pengembangan SPKLU di Indonesia yang telah disiapkan oleh PLN terbentang mulai dari Pulau Sumatera, Jawa hingga Bali. Pada kesempatan kali ini, Executive Vice President PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengajak seluruh pihak untuk bergabung bersama PLN dalam Kemitraan Penyediaan SPKLU Investor-Owned Investor Operate (IO2) atau model franchising untuk mendukung pembangunan SPKLU di Indonesia.

“Ini adalah salah satu gambaran bahwa hari ini pelaku usaha bisa ikut serta dalam membangun infrastruktur SPKLU untuk mobil listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kendaraan listrik adalah kendaraan masa kini bukan kendaraan masa depan. Silakan mengunjungi website PLN untuk informasi lebih lanjut,” tegas Hikmat.

Fokus Pemerintah selanjutnya adalah untuk menciptakan Green Economy serta Sustainable Tourism. Lebih lanjut disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Frans Teguh, bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan industri volatile yang memiliki banyak isu permasalahan yang harus dihadapi apabila ingin mencapai keberlanjutan.

“Sektor pariwisata pada Green Economy adalah kegiatan pariwisata yang memperhatikan konteks sosial, ekonomi, budaya ada lingkungan mereka. Dan data juga menunjukkan bahwa lebih dari setengah global traveller atau pelancong dalam negeri sekalipun dengan ringan hati berpartisipasi dalam pariwisata berkelanjutan," ucapnya.

Berbagai program yang diluncurkan Kemenparekraf untuk mendukung hal tersebut salah satunya adalah Carbon Footprint di Taman Nasional Bali Barat, dan penggunaan kendaraan listrik di sebuah desa wisata.

Promo Brand Roda Empat di PEVS 2022

Mobil listrik Blade K.U memberikan promo menarik. Rivaldi Andriansyah, Legal dan HR Manager PT Kurnia EVCBU International, distributor resmi K-Upgrade di Indonesia, mengatakan, “Konsumen yang membeli Blade K.U di pameran akan mendapat motor listrik gratis tanpa diundi. Khusus untuk pameran saat ini sampai dengan akhir bulan promonya yang bayar tunai langsung Rp 75 juta akan mendapat motor listrik. Ada merek U-Winfly, Goda sama Wimcycle, saat ini (tersedianya) itu," jelas Rivaldi.

Wuling Motors (Wuling) memberikan promo menarik bagi pengunjung PEVS 2022 selama 10 hari penyelenggaraan PEVS 2022. Wuling memamerkan kendaraan listrik yang menjadi andalannya, yaitu Air EV. Wuling juga membuka pemesanan mobil ramah lingkungan tersebut. Selama pameran, Wuling menampilkan 5-unit Air EV dengan beragam pilihan warna, diantaranya peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green, dan lemon yellow. Pengunjung juga dapat melihat secara langsung pengujian baterai Air EV yang direndam di dalam air untuk mengetahui keamanan baterai mobil listrik tersebut. Wuling juga membuka kesempatan pre-book khusus selama PEVS 2022 berlangsung.

Pengunjung yang melakukan pemesanan Air EV, bisa menikmati berbagai keuntungan, mulai dari Non-CO2 Mileage Incentive hingga Exclusive Emblem. Selain itu, Wuling juga membuka jalur pemesanan lain melalui dealer resmi Wuling atau secara daring via website wuling.id dan Exclusive E-Commerce Partner. Memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan mobil listrik lainnya, Air EV memiliki dibanderol mulai dari Rp 250 juta hingga Rp 300 juta.

PEVS 2022 kian ramai dengan hadirnya public figure sekaligus pecinta dunia otomotif, Alit Susanto dan Andi ‘Atenx’ Akbar. Kedua public figure tersebut terlihat antusias mengunjungi PEVS 2022 untuk melihat keberadaan kendaraan listrik di Indonesia yang belum diketahui oleh publik. Menghadiri PEVS 2022, sama saja dengan menemukan berbagai kejutan, dengan ragam harga spesial yang ditawarkan oleh para brand peserta PEVS 2022 dan penawaran menarik lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait