menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pemimpin Salamullah Lia Eden Meninggal Dunia

Kintan Lestari,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemimpin Salamullah Lia Eden Meninggal Dunia
Image: Pemimpin jemaat Salamullah Lia Eden. (Dok. Komunitas Eden)

Jakarta - Urbanreaders masih ingat tidak dengan sosok Lia Eden? Yap, sosok yang sempat menghebohkan Indonesia karena mengaku mendapat wahyu dari Malaikat Jibril.

Nah, pemilik nama asli Lia Aminuddin itu dikabarkan meninggal dunia pada hari Jumat (9/4/2021).

Kabar meninggalnya Lia Eden disampaikan oleh akun Facebook Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) hari ini (11/4/2021).

"Lia Eden (Lia Aminudin) yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal," tulis akun Facebook Sejuk.

Semasa hidupnya, Lia Eden adalah sosok yang kontroversial. 

Pada tahun 1997, ia membuat heboh satu Indonesia dengan mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril yang memintanya menyatukan agama-agama di Indonesia.

Pemimpin Takhta Suci Kerajaan Tuhan itu juga punya banyak pengikut yang mempercayai kata-katanya. Ia bahkan sempat mendirikan komunitas agama yang diberi nama Salamullah untuk menyebarkan ajarannya.

Wanita kelahiran 21 Agustus 1947 ini juga mengaku dirinya adalah titisan Bunda Maria dan diperintah Jibril untuk mengabarkan kedatangan Yesus Kristus.

Pada tahun 1999, Lia Eden dan pengikutnya pernah menyerukan perang melawan penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. 

Aksinya dinilai Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesatkan dengan tuduhan penodaan agama. Lia Eden pun dijebloskan ke penjara sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 2006 dengan vonis 2 tahun penjara, dan yang kedua pada tahun 2008 dengan vonis 2,5 tahun penjara.
 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait