beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Penelitian: Terlalu Lama Mandi Tanda Kamu Sedang Kesepian

William Ciputra,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penelitian: Terlalu Lama Mandi Tanda Kamu Sedang Kesepian
Image: Ilustrasi mandi air panas/Freepik: Torwal Studio.

Jakarta - Kondisi seseorang dapat ‘diterawang’ beberapa kebiasaan yang dilakukan dalam keseharian. Salah satunya adalah kebiasaan saat mandi. 

Dalam studi yang dilakukan Universitas Yale, terungkap bahwa kondisi seseorang dapat dilihat dari kebiasaan mereka saat mandi, Guys. Disebutkan, orang yang mandinya lama berarti sedang kesepian. 

Definisi kesepian memang berbeda pada masing-masing orang. Namun definisi yang paling umum adalah ketika seseorang tidak terhubung secara sosial kepada orang lain sebagaimana umumnya. 

Berdasarkan artikel pada Psychology Today, kondisi kesepian seseorang bisa berbeda, begitu pula dengan cara mereka menerima kesepian itu. Selain itu, kesepian juga tidak ada hubungannya dengan jumlah teman yang dimiliki.

Dalam studi Universitas Yale, bagaimana cara dan seberapa lama seseorang mandi akan merepresentasikan kesepiannya. Studi ini melibatkan 51 mahasiswa dengan tingkat kesepian mereka dilihat dari kebiasaan saat mandi. 

Peneliti sekaligus psikologis Universitas Yale, John Bargh mengatakan, penelitian yang dilakukan mengungkap bahwa selain durasi mandi, menggunakan air panas juga menunjukkan tingkat kesepian para respondennya. 

“Semakin kesepian seseorang, maka dia semakin banyak mandi, semakin panas air yang digunakan, dan semakin lama waktu yang dihabiskan di bawah shower,” kata Bargh dikutip dari laman Learning Mind, Selasa (14/6/2022). 

Lebih jauh, kedinginan emosional ternyata juga berkaitan erat dengan kedinginan fisik. Artinya, ketika kalian dikelilingi oleh sesuatu yang hangat, maka emisional kalian juga akan menghangat. 

Dengan demikian, ketika merasa kesepian, ada baiknya kalian segera mengonsumsi minuman hangat seperti kopi atau teh, serta mengenakan pakaian hangat. Tujuan tidak lain agar emosional kalian juga terasa hangat. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait