beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Pengacara Sebut Medina Zein Idap Bipolar Akut, Ini Kata Psikolog

Griska Laras,
17 Mei 2022 08.56.16 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengacara Sebut Medina Zein Idap Bipolar Akut, Ini Kata Psikolog
Image: Freepik

Jakarta – Pengacara Medina Zein, Razman Arif Nasution, jadi sorotan publik usai menjelaskan alasan kliennya menghilang usai terjerat kasus penipuan. 

Dalam konferensi pers yang digelar Sabtu (14/5/2022), Razman mengatakan Medina Zein sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Selebgram dan pengusaha 29 tahun itu disebut mengidap bipolar akut tingkat tinggi dan akan diobservasi selama dua minggu. 

Pernyataan Razman soal kondisi kesehatan Medina mendapat sorotan dari komunitas Bipolar Care Indonesia. Menurut mereka istilah ‘bipolar akut tahap tertinggi’ kurang tepat dan memicu kebingungan publik. 

“Kami belum pernah dengar istilah bipolar akut tingkat tinggi,” tulis [email protected] 

“Fyi, orang yang didiagnosa bipolar disorder perlu waktu untuk menerima bahwa mereka menerima bipolar disorder,” imbuhnya. 

Senada dengan Bipolar Care Indonesia, psikolog Dewi Ulfah Arini  menegaskan tidak ada istilah bipolar akut tahap tinggi. 

Dewi menjelaskan ada empat jenis bipolar yang umum terjadi. Berdasarkan tingkat keparahan gejalanya, tipe bipolar terdiri dari gangguan bipolar tipe I, gangguan bipolar tipe II, gangguan siklotimik, dan gangguan bipolar yang tidak dapat dispesifikasikan (not otherwise Specified/NOS). 

“Bipolar disorder dibagi ke dalam empat tipe yang terdiri atas gangguan bipolar tipe I, gangguan bipolar tipe II, gangguan siklotimik dan gangguan bipolar yang tidak dapat dispesifikasikan (NOS),” kata Dewi kepada Urbanasia.

“Untuk bipolar akut tahap tinggi, saya belum pernah mendengar istilah tersebut,” imbuhnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait