beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Pengertian Sekolah Ramah Anak serta Tujuan dan Contoh Programnya

Suci Nabila Azzahra,
2 Agustus 2022 19.32.04 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Sekolah Ramah Anak serta Tujuan dan Contoh Programnya
Image: Ilustrasi. (Pixabay)

Jakarta - Anak merupakan fondasi utama dalam menentukan keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Untuk itu, diperlukan suatu sistem pendidikan yang mampu mencetak bibit unggul dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Itulah mengapa, sekolah seolah menjadi tempat utama anak untuk menimba ilmu setelah rumah. Untuk mendukung keberhasilan belajar anak di sekolah, orangtua juga harus memperhatikan keamanan anak saat belajar. 

Keamanan yang dimaksud bisa berupa keamanan lingkungan, asupan makanan, pembelajaran, dan sebagainya. Misalnya, lingkungan belajar anak harus aman dari tindakan bullying. 

Agar tujuan belajar bisa tercapai, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang adanya sekolah ramah anak (SRA). Ingin tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya pada artikel ini!

Pengertian Sekolah Ramah Anak

Sekolah ramah anak merupakan istilah yang digunakan UNICEF (badan PBB yang membawahi urusan anak) untuk sekolah yang mendidik anak secara keseluruhan. 

Sekolah ini harus tidak membedakan anak berdasarkan gender, berperan aktif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, mendukung partisipasi anak, serta menciptakan lingkungan yang positif secara psikologis dan emosional bagi anak.

Di Indonesia, sekolah ramah anak diterapkan untuk memutus rantai kekerasan di lingkungan pendidikan sekaligus memastikan anak mendapat pendidikan yang berkualitas. 

Oleh karena itu, sekolah yang ramah anak juga wajib menjalankan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sekaligus UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.

Dalam Panduan Sekolah Ramah Anak yang dibuat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2015, pengertian sekolah ramah anak adalah pendidikan formal, nonformal, dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup. 

Selain itu, sekolah mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, serta melindunginya dari kekerasan, diskriminasi, maupun perlakuan salah lainnya. 

Tujuan Sekolah Ramah Anak

Dilansir dari buku Panduan Sekolah Ramah Anak milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, terdapat beberapa tujuan sekolah yang ramah anak, di antaranya:

1. Mewujudkan sekolah yang aman dan menyenangkan bagi siswa, serta membebaskan mereka dari kekerasan antarpeserta didik maupun kekerasan yang dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya.

2. Membentuk perilaku pendidik dan tenaga pendidikan yang berperspektif anak.

3. Meningkatkan partisipasi siswa atau peserta didik dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan di sekolah.

Prinsip Sekolah Ramah Anak

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait