Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pengertian Sektor Esensial Lengkap dengan Contohnya

Elga Nurmutia,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Sektor Esensial Lengkap dengan Contohnya
Image: Ilustrasi hotel. (Pixabay)

Jakarta - Esensial memiliki arti perlu sekali, mendasar, dan juga hakiki. Sementara itu, sektor memiliki arti lingkungan suatu usaha. Hal itu dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Berdasarkan pengertian tersebut, sektor esensial ini merupakan lingkungan usaha yang mendasar atau perlu sekali. Adapun, sejumlah sektor esensial yang perlu diketahui.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi lengkap mengenai sektor esensial dari berbagai sumber, Rabu (22/9/2021).

Contoh sektor esensial, sebagai berikut:

1. Keuangan dan perbankan, dalam hal ini mencakup asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun, serta lembaga pembiayaan (yang memiliki orientasi dalam pelayanan fisik bersama pelanggan).

2. Pasar modal (yang memiliki orientasi dalam pelayanan bersama pelanggan dan juga berjalannya operasional pasar modal yang dilakukan baik).

3. Teknologi informasi dan komunikasi yang mencakup operator seluler, data center, internet, pos, media terkait dengan penyebaran informasi untuk masyarakat.

4. Perhotelan, yang bukan untuk penanganan karantina. 

5. Industri orientasi ekspor, yang dimana pihak perusahaan diharuskan memberikan bukti contoh dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dalam waktu 12 bulan terakhir ataupun dokumen lainnya yang memperlihatkan rencana ekspor dan wajib memiliki Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI)

Nah itu dia pengertian sektor esensial dengan contohnya. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait