beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Penjualan Tesla Laris Manis di 2021, Elon Musk: Kerja Bagus!

Anisa Kurniasih,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penjualan Tesla Laris Manis di 2021, Elon Musk: Kerja Bagus!
Image: Mobil Tesla (@teslamotors/Instagram)

Jakarta - Produsen otomotif Tesla mengumumkan telah mengirimkan sebanyak 936.600 unit kendaraan sepanjang 2021. Jumlah ini hampir dua kali lipat jika dibandingkan tahun 2020 yakni 499.647 unit.

Mengutip Reuters, pada periode Oktober hingga Desember atau kuartal 4 2021, penjualan kendaraan naik sekitar 70 persen dari tahun sebelumnya.

Jika dirinci, Tesla telah mengirimkan 308.600 kendaraan pada periode tersebut, jauh lebih tinggi dari perkiraan analis yang hanya memproyeksikan pertumbuhan sebanyak 263.026 kendaraan saja guys.

Pencapaian ini pun diapreasiasi oleh Elon Musk yang tak lain  CEO Tesla.

“Kerja bagus tim Tesla di seluruh dunia!” tulis CEO Tesla Elon Musk melalui akun Twitter-nya, dikutip Rabu (5/1/2021).

Mengutip Antara, peningkatan produksi Tesla di Cina disebut menyumbang peningkatan rekor pengiriman tahun ini. Tesla meningkatkan produksi di Cina meskipun terjadi peningkatan persaingan dan tekanan regulasi menyusul keluhan konsumen atas keamanan produknya. FYI, Tesla mengirimkan model buatan China ke Eropa dan beberapa negara di Asia.

Adapun mobil-mobil listrik Tesla yang digemari konsumen yaitu Model 3 dan Y. Kedua model tersebut telah hadir ke tangan pelanggan sebanyak 911.208 unit sebelum akhir tahun.

Sementara 24.964 unit mobil listrik Model S dan X juga telah diterima konsumen dari diler Tesla di seluruh dunia.

Seperti kebanyakan produsen mobil lainnya, Tesla pun terkena dampak kekurangan stok semi-konduktor. Tetapi Tesla mampu meningkatkan produksi secara signifikan berkat pabriknya di Shanghai, Ciina dan telah membuat perubahan teknis pada Model 3 dan Model Y yang diproduksi di California. Salah satu perubahannya ialah melepas sensor radar mereka.

Musk mengatakan, pada Oktober tahun lalu bahwa Tesla akan bisa mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 50 persen untuk waktu yang cukup lama.

“Mereka (Tesla) telah mengalahkan semua rintangan,” kata Managing Partner di perusahaan modal ventura Loup Ventures, Gene Munster, pada Minggu (2/1/2021).

Sebelumnya, Munster memperkirakan pengiriman Tesla akan tumbuh lebih tinggi menjadi 1,3 juta kendaraan tahun ini meskipun ada hambatan dalam produksi di pabrik-pabrik barunya dan masalah rantai pasokan.

Sementara Deutsche Bank melalui sebuah laporan pada Jumat (31/12/2021) menyebutkan bahwa pihaknya memperkirakan Tesla akan membuat hampir 1,5 juta pengiriman kendaraan tahun ini, meskipun kekurangan chip global tetap menjadi risiko bagi produksi.

Pada 2020, Tesla memotong pesanan chip karena kondisi pandemi. Tetapi menurut Musk, Tesla tidak pernah mengurangi perkiraan produksinya dengan pemasok untuk mendukung rencana pertumbuhannya yang cepat, yang pada akhirnya dapat membantunya mengatasi krisis chip global.

Musk mengatakan Tesla juga memprogram ulang perangkat lunaknya sehingga menggunakan chip yang lebih sedikit.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait